1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

Dituding Jiplak Lagu, Ed Sheeran Dituntut 20 Juta Dolar AS

Mia Vita Della | 10 Juni 2016 11:30
Copyright: cosmopolitan
Lagu "Photograph" memiliki 39 kesamaan dengan lagu "Amazing" yang dinyanyikan pemenang X-Factor.

Muvila.com – Dua musisi asal California, Martin Harrington dan Thomas Leonard, menarik penyanyi Ed Sheeran ke meja pengadilan atas tuduhan pelanggaran hak cipta. Dalam berkas gugatan yang diajukan pengadilan Los Angeles pada Rabu kemarin, Ed Sheeran dituding telah menyontek secara verbatim lagu milik dua musisi tersebut untuk lagu populernya, "Photograph".

Akibatnya, musisi kelahiran kota West Yorkshire, Inggris ini dituntut untuk membayar ganti rugi sebesar 20 juta dolar AS (Rp 265 miliar). Mengutip Entertainment Weekly, Harrington dan Leonard mengatakan bahwa lagu hit Sheeran rilisan tahun 2014 itu hampir identik dengan lagu ciptaan mereka tahun 2009 yang berjudul "Amazing". Lagu tersebut dinyanyikan oleh Matt Cardle, pemenang ajang kompetisi The X-Factor 2010.

"Bagian chorus 'Photograph' memiliki 39 kesamaan dengan 'Amazing'. Kesamaan kata, gaya vokal, melodi, ritme jelas sebagai indikator bahwa 'Photograph' meniru 'Amazing'," begitu isi laporan gugatan mereka.

Johnny McDaid selaku co-writer lagu "Photograph" serta Sony/ATV Music Publishing, Warner Music Group Atlantic Recording Corporation juga diminta pertanggungjawabannya oleh dua penulis lagu tersebut. Namun hingga kini, masing-masing dari pihak yang tertuduh belum memberikan tanggapan apapun.

Lagu "Photograph" sendiri telah terjual lebih dari 3,5 juta kopi di dunia sejak dirilis pada tahun 2014 dan juga dijadikan soundtrack film drama romantis Me Before You yang tayang pekan lalu. Sementara lagu "Amazing" dirilis tiga tahun sebelumnya dan video klipnya dilihat sebanyak 1 juta kali di YouTube. Angka ini berbeda jauh dari video klip "Photograph" yang sudah dilihat hingga 208 juta kali di YouTube.

Martin Harrington dan Thomas Leonard telah menugaskan pengacara Richard Busch yang berhasil memenangkan gugatan soal penjiplakan lagu yang dilakukan oleh Pharrell Williams dan Robin Thicke. Thicke dan Williams akhirnya terbukti bersalah telah meniru lagu Marvin Gaye "Got to Give it Up" (1977) untuk lagu mereka “Blurred Lines".

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News