1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

Peretas Tertangkap Basah Jual Informasi Pribadi Selebriti Dunia

Muhammad Rizal Fikri | 11 Mei 2016 14:00
Copyright: Mirro.co.uk - Ilustrasi
Foto-foto vulgar, hingga skenario acara TV yang belum dirilis berhasil diretas oleh sang peretas.

Muvila.com – Seorang pria berusia 24 tahun warga Bahama terbukti bersalah karena meretas akun surat elektronik beberapa selebriti. Pria bernama Alonzo Knowles itu digugat oleh pengadilan federal Amerika Serikat dengan tuduhan pelanggaran hak cipta dan pencurian data pribadi seseorang.

Seperti dilaporkan ABC News, Alonzo memiliki data tentang 130 selebriti dari dunia hiburan, olahraga, dan media lainnya. Ia juga mengaku bisa menjual foto dan video vulgar para selebriti. Selain itu, Alonzo juga mencuri skenario film dan serial atau acara TV yang belum dirilis.

Celah untuk menangkap Alonzo terbuka saat tersangka menghubungi seorang penyiar radio dan menawarinya skenario acara TV terkenal. Sang penyiar lalu menghubungi pihak acara TV tersebut, dan kasusnya berlanjut ke pihak berwenang.

Dari situ, pihak berwenang menghubungi Alonzo dan pura-pura ingin membeli informasi pribadi beberapa selebriti dan 15 skenario acara TV. Alonzo dijanjikan uang sebesar 80 ribu dolar AS atau lebih dari Rp 1,065 miliar. Saat transaksi dilakukan, Alonzo pun menunjukkan foto vulgar salah satu selebriti.

Karena tertangkap basah melakukan tindakan kejahatan siber, Alonzo pun mengaku bersalah dan siap menyerahkan hasil retasannya yang lain, yakni berupa 25 skenario film dan televisi yang belum dirilis, serta beberapa lagu yang juga belum dirilis.

Semenjak penangkapannya, Alonzo telah ditahan dan menunggu sidang pada Agustus nanti. Dengan pengakuannya ini, Alonso terancam hukuman penjara selama 27 hingga 33 bulan. Sejauh ini, jenis acara baik TV maupun film dan selebriti yang menjadi korban peretasan belum dirilis untuk umum.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News