1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

Untuk Gaet Penonton, Judul Video YouTube Harus Provokatif

Lusi Triana | 25 Januari 2016 21:30
Content creator Arief Muhammad mengatakan thumbnail dalam tiap video itu juga penting untuk menarik perhatian viewer.

Muvila.com – Makin hari makin banyak pula content creator YouTube. Dengan berbagai cara, mereka berlomba-lomba untuk mendapat perhatian para penikmat video di YouTube. Arief Muhammad yang juga dikenal sebagai penulis novel Poconggg Juga Pocong mengatakan, salah satu cara untuk menarik perhatian penikmat video adalah membuat judul video yang provokatif.

Meski tak hanya judul, tapi, kata Arief, tentunya konten juga menjadi hal yang terpenting agar viewers mau menonton video buatannya hingga selesai. “Aku lebih ke konten sih sama judul juga. Biasanya judulnya harus yang lebih provokatif,” ungkap Arief kepada Muvila pada pekan lalu. “Thumbnail (fotoa atau gambar berisi deskripsi informasi) penting juga. Harusnya bikin thumbnail yang menarik sih tapi aku rada murtad,” lanjutnya seraya tertawa.

Namun, pembuatan thumbnail ini pun harus dengan proporsi yang pas. Pasalnya, saat thumbnail terlalu ramai, malah bisa menggangu dan tidak menarik. “Buat aku sendiri aku kurang jago ngedit jadi aku bakal ngabisin waktu lebih banyak buat edit thumbnail. Thumbnail itu penting juga buat narik perhatian pembaca. Kalau aku biasanya ngakalinnya ngambil dari screenshoot adegan yang paling ‘jualan’ di dalam video tersebut dan ambil thumbnail yang bisa menggambarkan keseluruhan video,” papar Arief.

Para penonton di YouTube ini pun tak hanya sekadar menonton video-video Arief. Banyak juga dari mereka yang memberikan kritik terhadap video-videonya atau memuji video buatan Arief.

“Kalau ada komen negatif tapi sifatnya membangun, komen-komen kayak gitu aku tanggepin yang ada isinya. Cuma kalau komen cuma ‘tai lo’. Diemin. Soalnya makin ditanggepin bakal makin banyak juga,” jelas pemilik akun twitter @Poconggg ini.

CARI IDE DARI SEKITAR

Berkecimpung sebagai content creator bukanlah dunia baru bagi Arief. Ia bahkan telah mendapatkan penghasilan dari hobinya membuat video-video di YouTube ini. Namun, kegiatan lain yang juga ia tekuni juga membuat Arief masih sulit untuk konsisten dalam memproduksi video-video kreatif.

“Aku lagi konsisten dulu aja sih. Soalnya yang susah bukan bikin videonya tapi konsisten buat bikin videonya itu yang susah. Jadi kayaknya tahun ini mau dibenerin konsistennya,” ucapnya.

Untuk ide-ide dalam setiap videonya, Arief biasanya menyoroti hal-hal yang kerap terjadi di sekitarnya. Tak jarang juga ia mengambil ide dari celetukan yang ia dengar saat sedang berkumpul dengan teman-temannya. Setelah mendapatkan ide, ia pun akan menulis skenario untuk video-videonya agar lebih terarah.

“Aku memang ngambilnya memang anak muda jadi ambil dari kejadian yang suka terjadi di kalangan anak muda. Apa yang lagi rame, apa yang lagi mereka resahkan. Nggak berhubungan semua dengan relationship, ada yang tentang friendship juga. Semua ada sih. Cuma memang di Indonesia yang lagi ramai traffic-nya ya yang kayak gitu,” bebernya.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News