1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

'Kutukan' 15 Besar Miss Universe untuk Puteri Indonesia

Mia Vita Della | 21 Desember 2015 21:00
Copyright: kapanlagi
Sejauh ini, masuk urutan 15 besar di ajang Miss Universe masih menjadi prestasi tertinggi bagi Putri Indonesia.

Muvila.com – Anindya Kusuma Putri memberikan kejutan pada malam final pemilihan Miss Universe 2015 yang diadakan pada Senin, 20 Desember di The AXIS Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. Puteri Indonesia tahun 2015 itu berhasil masuk babak 15 besar Miss Universe. Akan tetapi, langkah tersebut terhenti di babak 10 besar.

Nasib Anindya Kusuma Putri ini hampir sama dengan beberapa pendahulunya, yaitu Elvira Devinamira dan Artika Sari Devi. Setelah berhasil melalui segala tantangan, Elvira juga terhenti di 15 besar saja pada Miss Universe 2014. Tapi setidaknya, ia berhasil mendapatkan predikat Kostum Nasional Terbaik di ajang kontes kecantikan dunia tersebut.

Prestasi ini lebih baik daripada Whulandary Herman yang kala itu hanya berhasil masuk ke dalam babak 16 besar Miss Universe 2013 dan mendapatkan dua prestasi lainnya, yaitu runner up ketiga kostum nasional, dan terbaik kedua dalam pelelangan cenderamata senilai 8.000 dolar AS.

Sampai kini, masuk babak 15 besar Miss Universe 2015 masih menjadi prestasi terbaik Puteri Indonesia di ajang kecantikan dunia itu. Prestasi tersebut dicetak pertama kali oleh Artika Sari Devi pada Miss Universe 2005 yang diselenggarakan di Thailand. Kala itu, Artika berhasil menaikkan prestasi Indonesia dalam ajang kecantikan itu setelah sekian lama tak pernah berlaga sampai menembus 15 besar.

Sayangnya, setelah itu, nasib Puteri Indonesia di ajang tersebut tak pernah membaik. Meski Putri Indonesia 2009, Zivanna Letisha, kala itu sempat memenangkan ajang Miss Universe versi polling di situs Miss Universe, tapi pada saat malam finalnya, Zivanna malah tidak berhasil menembus posisi 15 besar di Miss Universe 2009.

Hal serupa juga terjadi pada Nadine Chandrawinata yang menjadi wakil Indonesia di ajang pemilihan ratu kecantikan sejagad pada tahun 2010. Kendati banyak pengamat yang menjagokanya untuk menembus babak 15 besar, tapi Nadine Chandrawinata pun tak berhasil melaluinya. Maria Selena, Puteri Indonesia 2011, tak jauh berbeda nasibnya dengan Nadine. Saat berlaga di ajang Miss Universe 2012, Selena hanya berhasil masuk dalam daftar nominasi 10 Kostum Nasional Terbaik.

Hingga kini, langkah Indonesia di ajang Miss Universe masih terhenti di 15 besar. Berbeda dengan prestasi Indonesia di ajang Miss World yang berhasil meningkat. Tahun lalu, Miss Indonesia Maria Rahajeng terhenti di babak 25 besar. Kini, Miss Indonesia Maria Harfanti terpilih sebagai runner-up kedua. Wanita berusia 23 tahun itu berada di posisi setelah Miss Rusia, Sofia Nikitchuk, sebagai runner-up pertama.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News