1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

Lagu Julia Perez dan Zaskia Gotik Dilarang Diputar di Jawa Barat

Mia Vita Della | 3 Mei 2016 19:30
Copyright: kapanlagi
Komisi Penyiaran Indonesia Daerah Jawa Barat melarang memutar 13 lagu dangdut yang melanggar sopan santun.

Muvila.com – Semakin bertambahnya tahun, kini banyak lagu-lagu dangdut yang mengumbar lirik-lirik vulgar. Oleh karena itu, Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Barat menerbitkan surat edaran yang isinya melarang 13 lagu dangdut milik sejumlah artis dangdut terkenal, termasuk Julia Perez dan Zaskia Gotik, untuk disiarkan di televisi dan radio lokal Jawa Barat.

Surat edaran tersebut juga menyebutkan 11 dangdut lain yang hanya boleh disiarkan pada malam hari mulai pukul 22.00 hingga 05.00 WIB. Surat bernomor 001/KPID JBR/04/2016 tentang Pelarangan dan Pembatasan Siaran Lagu-Lagu Dangdut itu telah ditandatangani oleh Ketua KPID Jabar Dedeh Fardiah pada 11 April 2016.

Menurut Dedeh, mengutip Pikiran Rakyat, lirik-lirik lagu tersebut melanggar norma, seperti yang diatur dalam P3 dan SPS (Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran). "Selain itu juga ada aduan masyarakat. Betapa anak-anak kecil sudah hapal lagu 'Hamil Duluan', karena disiarkan terus-menerus. Itu yang memang keluhan masyarakat," kata Dedeh

Sebelumnya, KPID telah menemukan 53 lagu yang liriknya dinilai melanggar norma sopan santun, mengandung seks bebas, hal-hal menyimpang, menjadikan perempuan sebagai objek, dan tidak melindungi anak-anak. Namun setelah dicermati, hasilnya hanya 13 lagu yang dilarang diputar, termasuk video klipnya. Sementara 11 lagu lain hanya boleh diputar di malam hari.

Dedeh menjelaskan, jika lembaga penyiaran di Jawa Barat tidak mematuhinya, maka KPID bakal berikan sanksi. "Kalau ada yang melanggar, tahapannya dilakukan imbauan, dengan imbauan itu diberi kesempatan untuk diingatkan. Kalau tetap juga dengan teguran, teguran ke-1, ke-2, dan ke-3. Kemudian apabila ditegur tetap, jam siarnya bisa dikurangi, jam tayangnya dipindahkan, atau bahkan diberhentikan program siarannya," tuturnya.

Berikut adalah lagu-lagu dangdut yang dilarang diputar oleh KPID Jabar:

-Julia Perez (Paling Suka 69)
-Mirnawati (Wanita Lubang Buaya)
-Zilvana (Simpanan)
-Ade Farlan (Hamil Sama Setan)
-Asep Rumpi feat Lia MJ (Mobil Bergoyang)
-Della Puspita (Apa Aja Boleh)
-Tuty Wibowo (Hamil Duluan)
-Rimba Mustika (Mucikari Cinta)
-Zaskia Gotik (Satu Jam Saja)
-Moza Kirana (Melanggar Hukum)
-Geby Go (Cowok Oplosan)
-Ellicya (Merem-merem Melek)
-Lolita (Gak Jaman Punya Pacar Satu)

Lagu yang dibatasi

-Julia Perez (Belah Duren)
-Melinda (Cinta Satu Malam)
-Melinda (AW AW)
-Linda Mey Mey (Gadis Bukan Perawan)
-Siti Badriah (Berondong Tua)
-Varra Sahara (Janda Rasa Perawan)
-Ayu Ting Ting (Geboy Mujaer)
-Cita Citata (Perawan atau Janda)
-Desi Ning Nong (Merem Melek)
-Diora Anandita (Aku Pengen Dipacarin)
-Titi Kamal (Jablay) 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News