1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

Ngeri! Ini Sisi Gelap dari Lirik 5 Lagu Anak-anak Inggris

Mia Vita Della | 19 Mei 2016 13:30
Lagu anak-anak dari abad ke-14 yang dinyanyikan hingga sekarang ternyata menceritakan kisah-kisah kelam pada masa tersebut.

Muvila.com – Para ibu di dunia ini tentu pernah menyanyikan lagu anak-anak untuk putra-putrinya. Dengan lirik yang sederhana, lagu anak-anak seperti "Balonku" ataupun "Bintang Kecil", bisa terdengar sangat menghibur.

Namun, jika menilik lebih dalam lagi, tak sedikit dari berbagai lagu anak-anak yang populer di dunia memiliki latar belakang yang kurang menyenangkan. Mengutip BBC, sejak abad ke-14, lirik lagu anak-anak tenyata lebih banyak terinspirasi dari kejadian kelam di masa itu.

Sebagian besar bukan soal putri-putri yang cantik atau hewan-hewan yang lucu, tapi pemuka agama, kekerasan atas nama agama, seks, penyakit hingga pembunuhan. Kumpulan lirik lagu anak-anak itu diterbitkan pertama kali dalam buku Tommy Thumb's Song Book (1744). 

“Lirik lagu anak-anak awalnya merupakan sebuah perlawanan politik terhadap kebudayaan tinggi dan kebangsawanan," ujar Profesor Seth Lerer, Dekan Fakultas Seni dan Humaniora Universitas California, San Diego. 

Ketika menggambar karikatur tentang kaum bangsawan dan para politikus terancam hukuman mati, maka lirik lagu anak-anak terbukti ampuh untuk menyampaikan kode atau pesan terselubung berkedok hiburan untuk anak-anak.

Dalam masyarakat yang sebagian besar buta huruf, melodi lagu-lagu yang mudah diingat itu bisa membantu orang-orang untuk mengingat ceritanya dan diteruskan ke generasi selanjutnya. Sebagai contoh, berikut beberapa lirik lagu anak-anak dari Inggris yang memiliki latar kisah mengerikan.

"Ring a Ring o Roses"

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News