1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

Begini Sejarah Lagu "Happy Birthday To You" yang Tak Bertuan

Mia Vita Della | 19 Februari 2016 20:00
Copyright: THR
Bagaimana sejarahnya terciptanya lagu "Happy Birthday To You" yang sering kita dengar saat merayakan ulang tahun?

Muvila.com – Lagu "Happy Birthday to You" yang sering kita dengar di acara-acara ulang tahun ternyata tidak memiliki sejarah yang jelas mengenai pemegang hak ciptanya yang sah. Sejak puluhan tahun lalu, perusahaan label rekaman Warner Music mengaku memiliki hak cipta lagu '"Happy Birthday to You". Namun ternyata hakim pengadilan di Los Angeles berpendapat lain.

Pada September 2015, hakim pengadilan Amerika, George H. King, mengatakan bahwa Warner/Chappell tidak memiliki hak cipta lirik lagu tersebut, tapi hanya memiliki hak cipta beberapa arasemen musiknya saja, sehingga Warner bukanlah pemilik sah hak cipta lagu tersebut.

Bila dirunut dari melodinya, lagu "Happy Birthday to You" sendiri memiliki nada yang sama dengan lagu "Good Morning To All" ciptaan Mildred Hill. Saat itu, Hill, seorang guru Taman Kanak-kanak (TK) di Louisville, Kentucky, menggabungkan sebuah nada sederhana yang dinyanyikannya di kelas setiap pagi.

"Good morning to you,
Good morning to you.
Good morning, dear children,
Good morning to all."

Begitulah penggalan lirik "Good Morning To All". Lagu tersebut lalu kerap digunakan sebagai lagu selamat datang di TK dan diterbitkan dalam buku lagu anak-anak TK pada akhir 1893. Sejak itulah, sejumlah variasi lagu bermunculan tanpa kejelasan penggubahnya, hingga kata 'Good Morning' berubah menjadi 'Happy Birthday'.

Mengutip Telegraph, perubahan kata tersebut berawal dari ide adik perempuan Mildred Hill, Patty Hill, yang ingin membuat lagu yang bisa dinyanyikan anak-anak di pesta-pesta. Karena saat itu anak-anak sedang senang-senangnya menyanyikan lagu "Good Morning To All", sehingga ia hanya sedikit mengubah liriknya.  

Di tahun 1924, lirik "Happy Birthday" pun dipublikasikan. Kemudian, radio dan film mulai mendendangkannya. Lagu ini pertama kali ini dipakai di pertunjukan Broadway pada tahun 1931. Lalu, lagu ini juga pernah menjadi nada telegram Western Union pada tahun 1933.

Dengan semakin populernya lagu tersebut, adik ketiga Hills, Jessica, pun berpikir bahwa ia harus mematenkan karya kedua kakaknya. Tapi sayangnya, ia tidak mengajukan hak cipta sampai tingkat federal. Akhirnya lagu "Happy Birthday To You" itu pun diterbitkan oleh perusahaan Clayton F. Summy pada tahun 1935.  Beranjak pada tahun 1988, Warner Music mengklaim telah membeli hak cipta lagu "Happy Birthday to You" dari Hill bersaudara dan mengambil keuntungan sampai 2 juta dolar AS per tahun.

Banyak yang berpendapat bahwa lagu "Happy Birthday" itu milik umum. Simpang siur pemilik hak cipta lagu "Happy Birthday to You" ini pernah dikemukakan oleh Robert Brauneis tahun 2010 dalam makalahnya yang berjudul Copywright and the World's Most Popular Song.

Brauneis menggunakan lebih dari 200 dokumen dari enam arsip sejarah dari seluruh Amerika, demi meneliti kepemilikan lagu "Happy Birthday". Ia menuliskan bahwa penulis lirik lagu ini belum pernah melakukan rekaman. "Bahkan, jika Hills benar-benar memiliki lagu tersebut, mereka seharusnya tidak perlu memperbaharui hak cipta," katanya. 

Kini, pihak pengadilan Amerika Serikat sedang dalam proses menghapus atas klaim kepemilikan lagu atas Warner Music. Mereka hendak menjadikan lagu tersebut menjadi milik publik, sehingga bisa digunakan oleh siapa pun tanpa dituntut untuk membayar lisensinya. 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News