1. HOME
  2.   »  
  3. ENTERTAINMENT

Sengketa Hak Cipta Lagu Ulang Tahun, Rp 188 Miliar pun Melayang

Mia Vita Della | 11 Februari 2016 15:30
Copyright: LATimes
Warner setuju membayar 14 juta dolar AS (Rp 188 miliar) untuk mengakhiri gugatan atas hak cipta lagu "Happy Birthday to You".

Muvila.com – Sengketa hak cipta lagu terpopuler di dunia "Happy Birthday to You" telah menemui titik terang. Warner/Chappell Music setuju membayar 14 juta dolar AS (setara Rp 188 miliar) untuk mengakhiri gugatan atas hak cipta itu. Dengan begitu, maka pihak pengadilan bakal meloloskan lagu tersebut menjadi milik publik.

Mengutip The Guardian, lagu tersebut telah menjadi sengketa hukum cukup lama. Warner/Chappell mengaku telah membeli hak cipta lagu tersebut seharga 22 juta dolar AS pada tahun 1988. Sejak itu, Warner mendapatkan keuntungan kira-kira sekitar 2 juta dolar AS per tahunnya untuk pemakaian lagu tersebut di film dan TV.

Pada tahun 2013, sekelompok artis dan pembuat film mengajukan gugatan publik terhadap Warner/Chappell atas klaim kepemilikan hak cipta lagu "Happy Birthday to You". Salah satu penggugat, Jennifer Nelson, mengaku harus membayar 1.500 dolar AS untuk menggunakan lagu tersebut untuk film dokumenternya. 

"Kami mengungkapkan sisi gelap dari lagu bahagia itu. Itu sebuah lagu yang setiap orang akrab dan tumbuh dengannya, tetapi tak ada yang tahu lagu ini milik siapa dan Anda harus membayar lisensinya untuk itu," kata Nelson, seperti dilansir The Guardian.

Pada September 2015, hakim pengadilan Amerika, George H. King, mengatakan bahwa Warner/Chappell tidak memiliki hak cipta lirik lagu tersebut, tapi hanya memiliki hak cipta beberapa arasemen musiknya saja, sehingga Warner tidak memiliki hak untuk menggunakan lagu tersebut.

Akhirnya, pengadilan memutuskan lagu ini menjadi hak milik publik. Artinya, tak seorang pun berhak meminta keuntungan apabila lagu ini dipakai untuk kebutuhan komersial dan rekaman. "Lagu 'Happy Birthday' akhirnya bebas setelah 80 tahun. Akhirnya, permasalahan ini berakhir. Sulit sekali untuk dipercaya," kata Randall Newman, pengacara untuk penggugat.

Hakim telah mendapatkan bukti yang mengindikasikan bahwa pencipta lagu "Happy Birthday to You", yakni kakak-beradik Patty dan Mildred Hill, tidak mengajukan hak paten tingkat federal pada tahun 1889. Upaya untuk mendapatkan hak cipta pernah dilakukan oleh Hill bersaudara pada tahun 1935, saat lagu tersebut sudah beredar luas di masyarakat.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News