1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

10 Film Non-sekuel Terlaris Dunia 2015

Reino Ezra | 6 Desember 2015 12:00
Maraknya sekuel, prekuel, reboot, remake, dan spin-off membuat film dengan materi baru terdesak di box office.

Muvila.com – Setiap tahunnya, film-film Hollywood berhasil menyedot perhatian penonton di berbagai belahan dunia, dan menghasilkan ratusan juta hingga miliaran dolar AS di box office. Namun, jika diperhatikan dalam satu dekade terakhir, tangga box office dunia cenderung didominasi oleh film-film lanjutan dari judul-judul yang sudah sukses sebelumnya. Film-film tersebut bisa berupa sekuel, prekuel, reboot, remake, atau spin-off, yang bisa dikatakan meraup untung dari keakraban penonton terhadap film-film pendahulunya.

Tahun 2014 misalnya, sekuel ketiga dari franchise Transformers, berjudul Transformers: Age of Extinction menjadi film terlaris dunia dengan raihan 1,1 miliar dolar AS. Hal yang sama sepertinya akan terulang kembali di tahun 2015, dengan box office dunia sejauh ini dipimpin oleh sekuel ketiga Jurassic Park, Jurassic World dengan total 1,6 miliar dolar AS. Menjelang tutup tahun juga sedang ditunggu sepak terjang sekuel terbaru Star Wars di bulan Desember, Star Wars: The Force Awakens yang diperkirakan akan mengguncang tangga box office dunia tahun ini.

Namun, di penghujung tahun ini Muvila justru ingin memberi sorotan terhadap film-film orisinal atau adaptasi perdana, yang harus berjuang menarik minat penonton dengan materi cerita yang baru dan relatif belum dikenal. Meskipun pada akhirnya jumlah yang melesat ke posisi atas box office masih tak sebanyak film-film sekuel atau prekuel, film-film berikut ini tetap berhasil membuktikan bahwa materi yang baru tetap bisa menarik penonton yang tidak sedikit.

Berikut ini adalah 10 film teratas dunia tahun 2015 yang bukan sekuel, prekuel, reboot, remake, atau spin-off, berdasarkan data dari situs The Numbers per 4 Desember 2015.

1. INSIDE OUT

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News