1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

5 Kasus Sensor dan Boikot Film Ini Dinilai Unik

Muhammad Rizal Fikri | 15 September 2015 20:00
Simak berita seputar sensor dan boikot film dari berbagai negara yang dinilai punya dasar penetapan yang aneh.
Copyright: Saban Entertainment

Muvila.com – Sejauh ini masih banyak negara di dunia ini menggunakan jasa badan sensor film untuk mengawasi produk-produk film baik dari dalam maupun luar negeri. Tidak terkecuali Indonesia yang sejauh ini mengakui Lembaga Sensor Film (LSF) sebagai lembaga yang berwenang mempertimbangkan serta menetapkan layak atau tidaknya sebuah film untuk ditayangkan di bioskop. 

Kebijakan sensor setiap negara terwujud secara berbeda-beda meski intinya tetap sama. Hal ini terlihat dari keputusan sebuah lembaga sensor akan sebuah film bisa berbeda dari satu negara ke negara yang lain. Bahkan ada lembaga sensor di negara tertentu yang bertindak berbeda dari mayoritas lembaga sensor di dunia.

Dalam kasus yang lain, usaha sensor dalam wujud yang lebih keras yakni boikot juga terjadi. Bahkan usaha pemboikotan datang tidak dari lembaga sensor melainkan masyarakat atau pemerintah. 

Berikut ini ada lima ringkasan kasus sensor dan boikot film dari beberapa negara yang boleh dikatakan unik. Ya, kami menyebut demikian karena memang kasus penyensoran dan boikot ini mencuatkan tanda tanya. Baca semuanya dan share opini kalian di kolom komentar ya.

The Simpsons Movie – Myanmar

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News