1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

8 Film Ini Ungkap Peliknya Pemilu

Reino Ezra | 8 Juli 2014 20:00
Simak film-film yang menggambarkan rumit dan peliknya proses pemilihan pemimpin.

Suka atau tidak, Indonesia saat ini sedang dalam euforia pemilihan umum (pemilu), khususnya pemilihan presiden. Pelaksanaan pemilu tentu saja tidak semudah memilih di secarik kertas lalu dikumpulkan dan dihitung. Banyak proses yang harus dilewati, baik bagi yang dipilih maupun yang memilih. Proses ini tak jarang menimbulkan cerita menarik, sehingga kerap mendorong beberapa filmmaker untuk mengangkatnya dalam bentuk film.

Mumpung sedang hangat-hangatnya pemilu, kali ini Muvila akan mendaftar delapan film yang mengisahkan peliknya proses pemilihan pemimpin, baik produksi lokal maupun internasional. Jangkauan kisahnya beragam, mulai dari persiapan calon pemimpin, proses kampanye, sampai kegalauan pemilih dalam menentukan pilihannya, yang tak jarang memunculkan tindakan-tindakan yang kotor dan tak disangka-sangka. Well, sebagaimana proses pemilu pada kenyataannya.

Film ini menyindir keras praktik pemilu di Indonesia.

 

WAG THE DOG (1998)

Dibintangi oleh raksasa Hollywood, Robert De Niro dan Dustin Hoffman, film komedi satir ini mengisahkan usaha keras seorang fixer mengatasi skandal yang sedang menimpa presiden Amerika Serikat. Menjelang pemilu, presiden tersandung skandal perselingkuhan. Demi menjaga citranya agar bisa terpilih lagi di pemilu, seorang produser film Hollywood ditugaskan merekayasa sebuah perang melawan Albania agar perhatian media dan masyarakat teralihkan dari skandal itu.

 

PRIMARY COLORS (1998)

Dibintangi John Travolta dan Emma Thompson, film ini terinspirasi dari perjalanan William "Bill" Clinton dari seorang gubernur menjadi presiden AS, walaupun bukan semata-mata sebuah biografi. Film ini mengisahkan usaha keras tim sukses Jack Stanton untuk meloloskannya ke kursi kepresidenan, termasuk meredam isu yang paling sensitif agar tidak mempengaruhi elektabilitasnya, yaitu sifatnya yang "rajin menjamah" para wanita yang bukan istrinya.

 

ELECTION (1999)

Pertarungan keras dalam pemilu rupanya sudah dimulai saat pemilihan ketua OSIS di SMA. Setidaknya itulah yang digambarkan di film yang dibintangi Matthew Broderick dan Reese Witherspoon ini. Ketika merasa pede dirinya adalah calon tunggal ketua OSIS, seorang siswi cerdas nan ambisius terkejut ketika guru Kewarganegaraannya membuat sistem pemilihan terbuka, mencalonkan seorang siswa terpopuler di sekolah dan seorang siswi lesbian sebagai lawannya. Permainan kotor demi meraih suara dari seluruh siswa sekolah pun tak terelakkan.

 

--Film yang bertutur dari sisi pemilih, dan sebuah komedi satir politik Indonesia, cuplikannya ada di halaman dua.--

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News