1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

A Quiet Place: Saat Bicara Jadi Bencana

Tim Editor | 25 April 2018 08:00
Copyright: © Paramount Pictures
Tak heran jika Rotten Tomatoes pun mengganjar film ini dengan nilai sempurna.

Muvila.com – Penulis: Iwan Tantomi

Apa yang akan kamu lakukan saat diminta diam, sementara jika sampai bicara bakal berujung pada kematian? Rasanya hal tersebut memang kurang masuk akal dalam dunia nyata. Namun, hal itulah yang sebenarnya terjadi dalam film A Quiet Place.

Hampir 90% dari durasi film tak ada dialog yang ditemukan. Film nyaris sepenuhnya berisikan adegan demi adegan dengan diselimuti keheningan. Lantas, apa menariknya? Pertanyaan itulah yang mungkin akan terbayang dalam benak orang-orang yang belum atau hendak menonton film ini.

Akan tetapi, keheningan yang hanya dikomunikasikan dalam bahasa isyarat inilah yang justru membuat film yang disutradarai oleh pemain utamanya, John Krasinsiki ini memiliki keunikan tersendiri. John berperan sebagai Lee Abbott. Ia merupakan kepala keluarga, di mana di sanalah setting juga fokus cerita ini dijalankan.

© Paramount Picture

Abbott dan keluarganya sedang bersembunyi dari serangan makluk antah berantah. Ada yang menyebut alien yang turun ke bumi. Konon, monster tersebut menjadi kepunahan manusia akibat dimangsa oleh mereka.

Menariknya, monster tersebut ditampilkan sebagai makhluk yang buta, tetapi memiliki pendengaran yang super tajam. Demi menyelamatkan diri dari monster tersebut, manusia yang tersisa mencoba bersembunyi dalam hening, termasuk keluarga Abbott.

© Paramount Pictures

Itulah kenapa dalam filmnya, keluarga Abbott digambarkan seolah sudah terbiasa dalam kehidupan serba hening. Mereka hanya berbicara seperlunya. Bahkan, demi menghindari suara, jalan-jalan ke kota pun sampai mereka jalani tanpa menggunakan alas kaki. Dengan keadaan seperti itu, ternyata tak menyurutkan Evelyn Abbott (Emily Blunt) untuk memiliki anak lagi. Pilihan Evelyn ini pun menumbuhkan risiko, khususnya saat ia melahirkan. Bisa ditebak, bagaimana reaksi penton saat adegan ini, mengingat melahirkan acap dengan napas dan teriakan.

Sekalipun film horror, tetapi ada banyak sekali moral value yang bisa didapatkan dari A Quiet Place. Utamanya tentang hubungan orangtua dan anak dalam keluarga. Film ini semakin seru, karena anggota keluarga yang tak lain anak keluarga Abbott, Regan Abbott (Millicent Simmonds) justru menderita tuna rungu. Ia begitu apik memerankan karakternya dengan gimik dan mimik yang cukup mengesankan.

© Paramount Pictures

Begitu juga dengan Marcus Abbott yang diperankan Noah Jupe. Sebagai anak laki-laki pertama, ia dituntut untuk bisa tumbuh dewasa, serta tak menjadi anak cowok yang penakut pun ragu-ragu. Ia pun menampilkan perannya yang begitu mengagumkan, saat melindungi ibu dan adik kecilnya usai dilahirkan. Terlebih suara anak bayi begitu keras, saat merengek pun menangis.

Sekalipun film ini sebenarnya sederhana, tetapi kisah dan aksi para pemerannya yang begitu epik, menjadikan kesan menonton A Quiet Place justru menjadi luar biasa. Tak heran jika Rotten Tomatoes pun mengganjar film ini dengan nilai sempurna. Tontonlah jika kamu memang rindu film horror yang terselip banyak pesan positif untuk keluarga di dalamnya.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News