1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

AADC 2 Siapkan Kejutan untuk Fans

Reino Ezra | 25 Maret 2016 11:00
Pemain dan kru menjaga kerahasiaan plot AADC 2 sebelum filmnya rilis pada 28 April 2016.

Muvila.com – Dalam sejarah perfilman Indonesia, para sineas dan aktor-aktrisnya sudah sering melahirkan film-film drama remaja sejak era tahun 1970-an hingga awal tahun 1980-an. Beberapa di antara deretan film drama remaja yang menuai sukses secara kualitas dan komersial, yakni Remaja 76, Binalnya Anak Muda, Gita Cinta dari SMA, dan Puspa Indah Taman Hati. Semua film itu sekarang telah masuk dalam kategori film drama remaja klasik.

Di era 2000-an, tongkat estafet tradisi film drama remaja di Indonesia diteruskan oleh Ada Apa Dengan Cinta? (AADC) yang dirilis tahun 2002 dan popularitasnya tak meredup sampai sekarang, 14 tahun kemudian. Tak heran, sekuelnya, AADC 2, pun jadi ditunggu-tunggu para penonton film pertamanya

Terlebih lagi, berkat pemberitaan dan promosi yang dilakukan sejak tahun lalu, AADC 2 bisa dikatakan jadi salah satu film yang paling dinantikan penggemar film Indonesia. Namun, sampai sekarang belum terungkap seperti apa cerita dari sekuel Ada Apa dengan Cinta? (2002) itu. Bahkan, sinopsis resmi yang dicantumkan di situs-situs jaringan bioskop nasional lebih banyak memuat latar belakang ceritanya, yang tak lain hanyalah ringkasan dari cerita AADC pertama, ketimbang gambaran apa yang akan terjadi di AADC 2.

Sepertinya jalan cerita AADC 2 memang wajib dirahasiakan, baik oleh pemain, kru, maupun orang-orang yang terlibat di dalamnya, sampai pada perilisannya di bioskop pada 28 April 2016. Bahkan, dalam sebuah sesi di Muvila Roundtable with AADC, para narasumber yang terdiri dari Dian Sastrowardoyo, Nicholas Saputra, Adinia Wirasti, Riri Riza, dan Mira Lesmana, sampai-sampai bisa otomatis saling mengingatkan ketika salah satu dari mereka hampir tanpa sadar mengungkapkan sesuatu yang menyentuh elemen cerita AADC 2.

"Kenapa sih harus mancing-mancing gitu? Nice try, man," celetuk Dian ketika moderator Angga Rulianto (Senior Editor Muvila) hendak menanyakan kepada Mira soal kecenderungan penonton Indonesia yang lebih suka happy ending--berdasarkan hasil polling, sesuatu yang lebih kurang diharapkan juga di AADC 2.

Terlepas dari kerahasiaan tentang plot AADC 2, satu hal yang pasti disampaikan Mira selaku produser dan penulis skenario, ia tidak ingin terbebani oleh harapan banyak orang tentang bagaimana seharusnya jalan cerita AADC 2. Sebagaimana para fans yang punya harapan tersendiri tentang kelanjutan hubungan Cinta (Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra), Mira juga berusaha menempatkan diri sebagai seorang penggemar AADC yang ingin mengemukakan cerita yang terbaik menurut dirinya.

"Daripada harus memikirkan ekspektasi banyak orang, I will do my version, yang mudah-mudahan itu kemudian bisa tetap dinikmati oleh semua orang, dengan apa pun surprise-nya, apa pun dugaan mereka betul atau salah," ujar Mira, lagi-lagi tanpa memberi sedikit pun gambaran tentang cerita AADC 2.

Alhasil, sejauh ini yang bisa digali dari cerita AADC 2 hanyalah bahwa film ini akan menyorot para karakternya setelah 14 tahun sejak akhir film AADC pertama. Sedikit bocoran detail bisa dilihat dari trailer resmi filmnya yang juga sudah dirilis, yaitu tentang perjalanan Cinta mengadakan liburan bersama teman-teman SMA-nya, Maura (Titi Kamal), Karmen (Adinia Wirasti), dan Milly (Sissy Prescillia) ke Yogyakarta, dan di kota yang sama ia bertemu lagi dengan Rangga.

Lihat bahasan mereka tentang penyusunan cerita AADC 2 dan ekspektasi penggemar dalam Muvila Roundtable with AADC supported by Magnum episode 8 di bawah ini.

Foto: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News