1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

AADC Sukses, Dian Sastrowardoyo: Tukang Parkir Kok Bisa Tahu Gue?

Reino Ezra | 23 Maret 2016 16:00
Dian Sastrowardoyo rasakan perubahan besar setelah kesuksesan fenomenal film Ada Apa dengan Cinta? di tahun 2002.

Muvila.com – Dian Sastrowardoyo bukannya tidak terkenal sebelum berperan di film fenomenal Ada Apa dengan Cinta? (AADC), yang rilis tahun 2002. Setelah sukses meraih posisi pertama di kompetisi model Gadis Sampul 1996, wajah Dian kerap muncul majalah-majalah remaja, hingga jadi model untuk beberapa video musik. Semua itu mengangkat popularitasnya di kalangan remaja di akhir era 1990-an. Hal itu pula yang menggiringnya perlahan masuk ke dunia akting di film layar lebar Indonesia—yang kala itu tak banyak diproduksi.

Dian pertama kali ditemukan oleh sutradara Rudi Soedjarwo untuk menjadi pemeran utama di film independen berjudul Bintang Jatuh. Film yang menggunakan teknologi video digital ini sempat beredar di beberapa bioskop di tahun 2000. Selanjutnya, Dian berkesempatan adu akting dengan Christine Hakim, Slamet Rahardjo, dan Didi Petet lewat Pasir Berbisik garapan Nan T. Achnas di tahun 2001, yang masuk beberapa festival film internasional. Namun, bagi Dian, tak ada proyek yang mengubah hidupnya selain peran Cinta di AADC.

"Setelah Ada Apa dengan Cinta?, tukang parkir (lihat), 'Eh, mbak Cinta, ya?'. Wah, gila lho, tukang parkir kok bisa tahu gue siapa? Tadinya yang tahu gue cuma pembaca majalah remaja, lho," kenang Dian, sebagaimana diungkapnya dalam Muvila Roundtable with AADC.

Film AADC sendiri sukses menjual lebih dari dua juta tiket bioskop di seluruh Indonesia, dan mengangkat nama-nama bintangnya jadi idola, termasuk Dian. Tetapi, Dian juga melihat bahwa perannya di AADC menimbulkan beban tersendiri saat ia meneruskan kariernya sebagai aktris. Dian bahkan tak memungkiri sering menerima komentar bahwa setiap aktingnya di film lain selalu dibandingkan dengan karakter Cinta, yang sudah telanjur menempel padanya.

Tak lama lagi, Dian akan kembali membangkitkan karakter Cinta dalam film Ada Apa dengan Cinta? 2. Film yang digarap Riri Riza ini akan mengisahkan para karakter dari AADC pertama 14 tahun kemudian, khususnya kisah cinta Cinta dan Rangga (Nicholas Saputra). Film ini dijadwalkan tayang di bioskop Indonesia mulai 28 April 2016.

Tonton penuturan lengkap Dian Sastrowardoyo tentang dampak film AADC bagi kehidupannya dalam Muvila Roundtable with AADC supported by Magnum episode 6 berikut ini.

Foto: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News