1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Acara Penganugerahan FFI 2014 Cuma Dua Jam

Reino Ezra | 3 Desember 2014 19:00
Acara penganugerahan Piala Citra dan Piala Vidia FFI 2014 bakal dibuat lebih singkat dan padat dari yang sebelumnya.

Muvila.com – Sebagaimana lazimnya penyelenggaraan Festival Film Indonesia (FFI) selama ini, malam penganugerahan Piala Citra maupun Piala Vidia pada FFI 2014 juga bakal disiarkan di TV, demi bisa juga disaksikan oleh khalayak luas di seluruh Indonesia. Akan tetapi, FFI 2014 yang diselenggarakan di Palembang, Sumatra Selatan ini akan sedikit berbeda. Tak hanya penayangannya malam penganugerahannya yang berpindah stasiun TV, tetapi juga format acaranya yang akan lebih padat dan lebih singkat.

"Acara akan diselenggarakan singkat dan padat, tanpa selingan iklan...dan acaranya hanya berlangsung dua jam," ungkap Yan Widjaya, selaku koordinator bidang pers FFI 2014, ketika ditemui Muvila pada 2 Desember kemarin.

"Sebenarnya acaranya ada dua. Pada tanggal 5 Desember, hari Jumat ada penganugerahan Piala Vidia untuk FTV dan insan televisi, bertempat di Hotel Aryaduta Palembang. Lalu tanggal 6 Desember, penganugerahan Piala Citra bertempat di Palembang Sport and Convention Center, itu akan didukung langsung oleh Gubernur Sumatra Selatan, Alex Noerdin, sebagai tuan rumah di sana. Keduanya berlangsung dalam jangka waktu dua jam," jelas Yan lagi.

Sejak dibangkitkan lagi pada tahun 2004, acara malam puncak penganugerahan FFI memang disiarkan oleh stasiun TV swasta. Tercatat Indosiar, SCTV, dan RCTI pernah menyiarkan sekaligus menyelenggarakan acara tersebut. Sebagaimana lazimnya sebuah acara TV, malam penganugerahan Piala Citra ataupun Piala Vidia dirancang untuk menarik minat penonton luas, termasuk menambahkan pengisi dan mata acara tambahan yang sebagiannya tak berkorelasi langsung dengan bidang perfilman. Bahkan, dalam beberapa penyelenggaraan, pengumuman pemenang di kategori-kategori yang dianggap kurang populer pun tidak disiarkan di TV.

Sebagai bagian dari langkah perbaikan, penyelenggara FFI 2014 pun memutuskan untuk merancang acara malam penganugerahan yang lebih padat dan fokus pada film, sekalipun masih ditayangkan di stasiun TV swasta. Kali ini, FFI 2014 akan disiarkan oleh Kompas TV dan Berita Satu serta beberapa situs lokal secara live streaming.

Akan tetapi, bukan berarti acara malam penganugerahan FFI 2014 akan berlangsung sepi, karena akan tetap disiapkan mata acara hiburan di dalamnya. Yan menyebutkan bahwa beberapa artis telah dipastikan mengisi acara malam penganugerahan Piala Citra FFI 2014, antara lain Dira Sugandi dan Christopher Abimanyu. Sementara acara penganugerahan Piala Vidia, akan turut menghadirkan penampilan dari RAN, Vidi Aldiano, dan Fatin Shidqia.

Malam penganugerahan Piala Vidia akan disiarkan di saluran berlangganan Berita Satu pada 5 Desember mulai pukul 19.00 WIB, sementara penganugerahan Piala Citra akan disiarkan langsung di jaringan Kompas TV dan Berita Satu pada 6 Desember mulai pukul 18.30 WIB.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News