1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Alunan Musik Film Zootopia Berasal dari Alat Musik Indonesia

Mia Vita Della | 14 Maret 2016 18:30

Copyright: zootopia
Michael Giacchino menciptakan dentingan musik dalam film Zootopia menggunakan alat-alat musik tradisional Indonesia.

Muvila.com – Hal yang menarik perhatian kritikus film soal Zootopia bukan hanya ceritanya, tapi juga aransemen musiknya yang ikut membangkitkan emosi para penonton. Komposer Michael Giacchino yang bertanggung jawab mengurus bagian musik film ini mengaku telah menggunakan berbagai alat musik tradisional, termasuk dari Indonesia, untuk menciptakan sebagian musik di film Zootopia.

Kepada Los Angeles Times, Giacchino mengatakan ingin menggunakan sesuatu elemen yang tak biasa untuk menciptakan musik di film Zootopia. Maka dari itu, ia menggunakan alat-alat musik tradisional Indonesia lalu dipadukan dengan lonceng khas Timur Tengah dan beberapa alat musik perkusi milik Emil Richards, komposer musik film Planet of the Apes.

"Saya ingin menampilkan sesuatu yang aneh dan menggunakan mereka seperti kamu menggunakan sebuah piano atau biola. Saya ingin menggunakan instrumen yang kalian tidak biasa gunakan. Bagi saya, itu adalah representasi dari sebuah kota besar," jelas Giacchino.  

Ia juga menegaskan bahwa ingin menunjukkan keanekaragaman musik sesuai dengan isi cerita filmnya. Zootopia sendiri menuturkan kisah perjalanan si kelinci, Judy Hopps, dalam mewujudkan impiannya sebagai seorang polisi di kota metropolitan, Zootopia.

"Saya tinggal di Kota New York selama enam tahun dan saya selalu kagum bagaimana segalanya beranekaragam. Saya ingin menyampaikan perasaan itu dalam musiknya," imbuh Giacchino.

Meskipun Zootopia dibumbui unsur komedi, tapi Giacchino tak mengolah musiknya agar terdengar lucu. Ia justru lebih menonjolkan alunan musik dengan emosi yang sedih untuk mengiringi gejolak perasaan karakter Judy Hopps. Di filmnya, dia diceritakan sebagai seorang kelinci yang ingin menjadi polisi, tapi dunia di sekitarnya terus berusaha merendahkannya. 

"Michael secara naluriah tidak mencoba membuat musik untuk film komedi. Film-film komedi yang bagus, jika kamu mendengarkan, musiknya tidak mencoba untuk menjadi lucu. Itu selalu menuturkan tragedi dan perjuangan tokoh utama. Michael tahu itu," puji sutradara Rich Moore.

Sebagai komposer, Michael Giacchino terkenal lewat karya-karyanya di film animasi Disney-Pixar, seperti Inside Out, Up, Ratatouille, Cars 2 dan masih banyak lagi. Berkat komposisi musiknya di film Up, ia mengantongi penghargaan Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Score di ajang Oscars 2010.

Kini, ia juga sudah mulai disibukkan menggarap musik di berbagai sekuel film laris, seperti Star Trek Beyond, War for the Planet of the Apes dan The Incredibles 2. 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News