1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Film Animasi Kapur dan Dokumenter Merapi Berjaya di Viddsee Juree

Muhammad Rizal Fikri | 9 Maret 2016 18:00
Viddsee Juree Indonesia 2016 menilai 10 film pendek asal Indonesia.

Muvila.com – Kompetisi film pendek Viddsee Juree Indonesia 2016 akhirnya mengumumkan tiga karya terbaik di antara 10 film yang masuk kompetisi. Bertempat di Institut Prancis di Indonesia pada Sabtu, 5 Maret lalu, diumumkanlah dua film pendek Indonesia penerima Gold Award dan Silver Award. Penghargaan yang sebelumnya hanya direncanakan untuk dua film pendek bertambah satu dengan diadakannya Honorable Mention Award.

Film pendek Little Sister's Chalk (Kapur Ade) arahan Firman Widyasmara memenangkan Gold Award. Firman selaku sutradara film tersebut akan mendapatkan paket liburan ke singapura untuk mengunjungi kantor pusat Viddsee serta mendapatkan satu unit kamera senilai Rp 65 juta.

Menurut Masoud Soheili, sineas film independen asal Iran yang juga salah satu juri kompetisi ini, film Kapur Ade memiliki karakterisasi unik dan imajinasi tinggi. “Kekuatan utama Kapur Ade terletak pada kemampuan pembuatnya dalam menyampaikan narasi cerita yang menggambarkan wajah dan semangat Indoensia kepada menonton asing, selain itu Kapur Ade juga memiliki karakterisasi unik sekaligus imajinasi tinggi, ” terang Masoud seperti dikutip rilis yang diterima Muvila.

Film dokumenter Of The Dancing Leaves (Digdaya Ing Bebaya) arahan BW Purba Negara mendapatkan Silver Award. Film ini mengisahkan kehidupan warga lereng gunung Merapi yang menolak untuk direlokasi pasca bencana meletusnya gunung tersebut. Mendapat posisi kedua BW Purba Negara akan mendapatkan hadiah berupa kamera senilai Rp 26 juta.

Tim juri memutuskan untuk mengadakan kategori Honorable Mention Award, film pendek komedi Udin Telekomsel meraih penghargaan tersebut. Film arahan Rein Maychaelson ini dianggap memiliki kekuatan narasi yang kuat sekaligus menggelitik.

Panel juri Viddsee Juree Awards 2016 terdiri dari tiga orang, selain Masoud Soheili, ada juga James Lee, sutradara asal Malaysia yang sudah memenangkan beberapa festival, salah satu film panjang yang pernah disutradarai Lee adalah Snipers (2001). Juri ketiga adalah Eiji Shimada, sutradara asal Jepang yang kini aktif di Sapporo Short Fest.

Belum nonton film-film pendek pemenang Viddsee Juree? Muvilaz bisa menonton semuanya secara gratis di sini.

Foto dokumentasi Viddsee.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News