1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Bangun Bioskop, Raam Punjabi Ingin Bersaing Layaknya Lomba Maraton

Reino Ezra | 26 Juni 2015 12:00
Copyright: muvila
Selain produksi film, Raam Punjabi juga membuka jaringan bioskop Platinum Cineplex yang dibangun di daerah-daerah.

Muvila.com – Sekitar empat dekade berkecimpung di dunia hiburan, produser Raam Punjabi tidak hanya berkutat pada memproduksi film dan tayangan TV—melalui perusahaan Parkit Film, Multivision Plus, dan sekarang MVP Pictures. Raam kemudian terjun dalam bidang eksibisi film dengan membangun jaringan bioskop Platinum Cineplex. Bioskop ini memang belum muncul di kota-kota besar seperti jaringan bioskop lain, misalnya Cinema 21, Blitzmegaplex, atau Cinemaxx. Hal ini pun diakui Raam sebagai salah satu strategi dalam mengembangkan usaha miliknya itu.

"Karena Indonesia ini luas sekali, kebutuhannya besar sekali, dengan 250 juta penduduk, hanya baru ada kurang lebih 150 lokasi, dan baru ada 800 layar. Makanya, Indonesia membutuhkan kurang lebih 10 ribu layar. Itu diperlukan di pedalaman, di mana (Cinema) 21 belum memikirkan untuk hadir," jelas Raam dalam wawancara dengan Muvila di kantor MVP Pictures, Jakarta pada dua pekan lalu.

Raam menjelaskan bahwa dirinya adalah penggagas konsep sinepleks (lokasi bioskop dengan layar lebih dari satu) di Indonesia, yang pertama kali dibangun di Kartika Chandra pada tahun 1987—sekarang lokasi bioskop Hollywood KC XXI. Konsep itulah yang kemudian diteruskan oleh grup Cinema 21 hingga sekarang.

Masuk milenium baru, Raam dan grup MVP mulai terjun membangun jaringan bioskop baru bernama Platinum Cineplex. Tahun 2012, dibukalah bioskop pertama yang sepenuhnya dikelola Platinum di Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Saat ini bioskop Platinum juga sudah dibuka di Sidoarjo, Jawa Timur, serta Magelang dan Solo Baru, Jawa Tengah.

Jika diperhatikan, ekspansi Platinum memang tidak seagresif bioskop lainnya. Hal ini juga diakui Raam, yang memang tidak berniat bersaing dengan pemain-pemain yang lebih besar. Ia justru berkonsentrasi merintis bioskop di lokasi-lokasi yang belum tersentuh bioskop, kembali pada niatnya untuk memperluas jangkauan film ke masyarakat.

"Sebentar lagi kita akan ada di Bitung (Sulawesi Utara) dan Sukabumi (Jawa Barat). Tahun ini total akan ada 10 lokasi, jadi akan ada enam lokasi lagi. Saya tidak janjikan bangun 1.000 gedung, saya tidak mau bersaing dengan raksasa. Tapi, saya ingin menciptakan sarana untuk perfilman kita di tempat-tempat yang belum terjamah. Boleh juga dibilang karena saya tidak punya pilihan untuk bersaing di Jakarta, jadi saya kembangkan lahan sendiri," ujar Raam. Selain di Indonesia, bioskop Platinum juga telah dibuka di negara-negara tetangga, seperti Vietnam dan Kamboja. 

"Kalau dalam olah raga, saya ini lebih suka menang dengan cara lari maraton, bukan dengan cara boxing. Kalau saya mau menang cara boxing, saya harus cederai lawan saya. Tapi dalam maraton, saya nggak peduli dia sampai mana, asalkan saya satu langkah lebih maju dan udah menang. Dan, itu tidak melukai siapa pun, itu prinsip hidup saya," ungkapnya bijak.

 

Foto Raam Punjabi: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News