1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Begini Tanggapan Publik Figur Tentang Film Kartini

dwiariyani | 28 April 2017 09:00
Copyright: © Legacy Pictures
Dalam tayangan perdananya di bioskop pada 19 April 2017, film Kartini mendapatkan sambutan positif.

Muvila.com – Sejak digaungkan setahun yang lalu, film Kartini memang ramai diperbincangkan. Apalagi sosok Kartini memang dikenal lekat dengan proklamator emansipasi perempuan. Wajar jika akhirnya menarik rasa penasaran publik akan jalan cerita hidup Kartini selama ini.

Gaung film Kartini pun kian menarik karena diperankan oleh nama-nama besar industri perfilman Indonesia. Sebut saja nama Dian Sastro Wardoyo. Di film ini ia didapuk menjadi tokoh utama yang tak lain Raden Adjeng Kartini.

Sosok Dian yang dikenal tegas dianggap mampu menginterpretasikan karakter Kartini yang dikonsep oleh Hanung Bramantyo. Dalam tayangan perdananya di bioskop pada 19 April 2017, film Kartini mendapatkan sambutan positif.

Dewi Sandra, Tata Ginting dan Viona Rosalina mengaku kagum. Mereka bertiga menganggap film Kartini ini wajib ditonton oleh semua kalangan masyarakat. Bukan saja memberikan huburan, film Kartini juga sarata pesan dan edukasi. Utamanya tentang pentingnya pendidikan dan sikap berbakti pada orangtua. Tak sedikit dari ketiga publik figur tersebut yang menyatakan perasaan haru pada sosok perempuan dengan pemikiran jauh dari kebanyakan.

Adapun film berdurasi 119 menit ini mengisahkan perjuangan pahlawan emansipasi perempuan dari Jepara, yaitu Kartini. Dikisahkan Kartini melawan takdir yang begitu didambakan ibu kandungnya untuk menjadi seorang Raden Ayu. Perempuan yang menikah dengan seorang Bupati atau bangsawan.

Menurut ibunya, menjadi Raden Ayu merupakan jalan satu-satunya bagi perempuan Jawa untuk membawa kehormatan bagi keluarga. Namun, Kartini menyangkal takdir tersebut. Bersama kedua adiknya, Roekmini (Acga Septriasa) dan Kardinah (Ayushita Nugroho), Kartini menjadi perempuan yang bisa menentukan masa depannya sendiri sesuai kehendak.

Lantas, proses melawan takdir tersebut menjadi tidak mudah. Beragam masalah pun kudu siap dihadapi Kartini. Mulai dari tradisi pingitan dari Kaum Ningrat di Jawa yang juga dilakukan oleh ayahnya, Raden Mas Aryo Sosroningrat (Deddy Sutomo). Juga pemikiran kolot saudara Kartini, seperti Raden Mas Slamet (Denny Sumargo) dan Soelastri (Adinia Wirasti).

Secara lengkap film Kartini dibintangi oleh Dian Sastro Wardoyo, Christine Hakim, Deddy Utomo, Ayushita Nugroho, Acha Septriasa, Denny Sumargo, Djenar Maesa Ayu, Dwi Sasono, Reza Rahadian, Adinia Wirasti hingga Nova Eliza.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News