1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Ini Cerita di Balik Adegan Dewasa Film Pendek Prenjak

Muhammad Rizal Fikri | 4 Juni 2016 11:00
Film pendek ini memenangkan International Critics' Week di Festival Film Cannes 2016.

Muvila.com – Prenjak, film pendek karya Wregas Bhanuteja yang memenangkan Leica Discovery Prize sebagai film pendek terbaik di International Critics' dalam Week Festival Film Cannes 2016, memuat adegan yang hanya layak disaksikan penonton dewasa.

Adegan itu memperlihatkan tokoh pria melihat kemaluan tokoh wanita di kolong meja dengan penerangan korek api, begitu juga sebaliknya. Dua pemain film pendek ini, Rosa Winenggar dan Yohanes Budyambara, serta Wregas lalu menjelaskan proses pembuatan adegan itu.

Mengutip Antaranews, untuk adegan dewasa tersebut, Wregas bekerja sama dengan dua model yang memang biasa dipotret tanpa busana. Kemudian, tugas Rosa dan Yohanes adalah meyakinkan penonton bahwa seakan-akan memang mereka melihat dan memperlihatkan alat kelamin masing-masing.

“Saya mencoba berakting sedikit nafsu, yang saya lihat cuma celana biasa,” terang Yohanes seperti dikutip Antaranews. “Saya juga harus menahan posisi mengangkang dalam waktu lama, karena Yohanes lama,” sahut Rosa.

Wregas juga mengatakan, pengambilan gambar adegan ini harus diulang belasan kali. Soalnya, ada banyak kendala teknis, seperti ruangan yang kecil, meja sempit, dan terlibatnya belasan kru yang membuat tempat syuting jadi panas dan pengap, sehingga keringat Yohanes terus keluar. Ada pula suara yang tak terekam, hingga korek api yang padam.

Rosa dan Yohanes sendiri adalah sahabat lama Wregas. Ketiganya sudah mengenal sejak duduk di bangku SMA. Bahkan, awalnya mereka diajak main film tanpa honor dan penokohannya ditulis berdasarkan karakter asli keduanya.

Di Prenjak ini, Rosa untuk pertama kalinya berakting di depan kamera. Sedangkan bagi Yohanes, film ini adalah pengalaman akting keduanya setelah pernah bermain dalam film pendek Wregas lainnya, Lembusura, yang berhasil berkompetisi di Berlinale 2015. Setelah berprestasi di ranah film pendek, Wregas berencana untuk mulai bikin film panjang tahun depan.

 

Foto Headline: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News