1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Bagaimana Cerita Asli Kasus Kesurupan The Conjuring 2?

Muhammad Rizal Fikri | 13 Januari 2016 21:00
Inilah cerita asli dari sisi Ed dan Lorraine Warren mengenai kisah supranatural The Enfield Poltergeist.

Muvila.com – The Enfield Poltergeist merupakan kasus supernatural yang menghebohkan Inggris Raya antara tahun 1977 hingga 1979, sehingga menjadi cerita The Conjuring 2: The Enfield PoltergeistEd dan Lorraine Warren sendiri bukan paranormal pertama yang terlibat menangani kasus tersebut. Bahkan, ada paranormal sebelumnya yang juga menyelidiki kasus tersebut kemudian menyimpulkan adanya fenomena hantu palsu.

Melansir The Telegraph, suami-istri Warren datang menyelidiki kasus kesurupan Enfield pada tahun 1978 kira-kira satu tahun setelah kasusnya ramai diberitakan di berbagai media Inggris dan menjadi pembicaraan banyak penyelidik, baik dari kepolisian hingga paranormal. Meski ada kesimpulan dan pengakuan dari korban bahwa beberapa peristiwa yang terjadi adalah palsu, tetapi Ed dan Lorraine Warren tetap meyakini ada penjelasan dan fenomena supernatural nyata di Enfield itu.

Dalam buku The Demonologist: The Extraordinary Career of Ed and Lorraine Warren karangan Gerrard Brittle juga tertulis analisa Ed Warren mengenai kasus kesurupan Enfield. “Mereka yang sudah terbiasa berhadapan dengan unsur-unsur supernatural akan langsung merasa bahwa ada yang tak beres dengan rumah tersebut. Sehingga jika ada yang tak percaya dengan hal tersebut, saya lebih memandangnya kalau mereka tak familier dengan subjek yang dihadapinya,” terang Ed.

“Saya mulai menyelidiki kasus tersebut musim panas 1978 di Enfield, Inggris, saat fenomena supernatural masih terjadi. Sekarang kamu tak bisa merekam, bahaya, dan atmosfer mengancam dalam rumah kecil tersebut. Tetapi kamu bisa merekam, fenomena aneh seperti benda-benda dan manusia melayang dan hancur sedikit demi sedikit, belum lagi ratusan jam rekaman suara dari arwah-arwah yang ada di kamar tersebut,” cerita Ed Warren.

Terlepas dari data dan cerita pasangan yang mendirikan New England Society for Psychic Research di tahun 1952 tersebut, banyak pula pro dan kontra yang mengatakan bahwa penyelidikan mereka tak sempurna, terlalu naif dan tak bisa dijadikan pegangan.

Hal-hal tersebut bisa menjadi patokan untuk memperkirakan batasan cerita tentang kasus kesurupan di Enfield yang difilmkan dalam The Conjuring 2. Tahun lalu, sebuah mini seri televisi berjudul The Enfield Haunting yang mengangkat kasus yang sama tak sedikitpun menyebut Ed dan Lorraine Warren. Soalnya, kisah tersebut lebih menyoroti penyelidikan yang dilakukan Maurice Grosse, paranormal asal Inggris yang lebih dulu menyelidiki kasus kesurupan Enfield sebelum pasangan Warren.

Diproduksinya film The Conjuring 2 ini tak terlepas dari kesuksesan The Conjuring arahan James Wan pada tahun 2013, yang juga diadaptasi dari pengalaman pasangan Warren ketika menolong sebuah keluarga dari gangguan setan. Di film pertamanya itu, Ed dan Lorraine Warren (yang diperankan oleh Patrick Wilson dan Vera Farmiga) akan kembali memerankan peran tersebut di The Conjuring 2.

Ed Warren sendiri telah meninggal pada 2006 di usia 79 tahun, sedangkan Lorraine Warren yang akan berusia 89 tahun pada 31 Januari nanti sempat mengomentari film The Conjuring.

“Meskipun beberapa adegan dibuat lebih artistik untuk kepentingan film, sebagian besar cerita filmnya sangat akurat,” ungkap Lorraine kepada The Telegraph. Film The Conjuring 2 yang dijadwalkan rilis pada Juni nanti baru saja merilis trailer perdananya, tonton di bawah ini.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News