1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Dian Sastrowardoyo Ingin Berakting Jujur

Reino Ezra | 30 Maret 2016 17:00
Lima belas tahun sejak AADC, Dian Sastrowardoyo tak khawatir terjebak dalam peran Cinta.

Muvila.com – Popularitas film Ada Apa dengan Cinta? (AADC) di tahun 2002 berdampak besar bagi karier para pemainnya, terutama bagi sang pemeran Cinta, Dian Sastrowardoyo. Sosok Dian kemudian jadi identik dengan peran Cinta, sekalipun ia membintangi berbagai film dengan peran yang beragam sesudah AADC. Dian mengakui sangat sering mendengar komentar bahwa karakter yang dimainkannya di film lain masih seperti Cinta. Namun, seiring berjalannya waktu, ia menanggapi komentar semacam itu dengan santai.

"Misalnya, ditanya khawatir nggak sih kalau karakter Cinta itu Dian banget, dan Dian itu Cinta banget, merasa terjebak nggak sih? Well, kalau ditanyakan ke gue pada saat masih lebih muda, gue akan panik banget. Karena itu kayak menunjukkan kegagalan gue sebagai seorang aktor, yang katanya kesuksesannya itu diukur dari, 'Beda banget kalau peranin sesuatu sampai gue nggak ngenalin,'" ucap Dian saat diwawancarai Muvila di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Dian mengingat kembali bahwa karakter Cinta dalam AADC memang mengambil beberapa aspek dari dirinya sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, dari cara tutur dan penekanan saat berbicara, atau beberapa ekspresinya. Karena itu, Dian menilai bahwa mungkin yang dianggap para penonton sebagai ciri dari karakter Cinta sebenarnya adalah karakter Dian sendiri.

"Di umur sekarang, gue justru santai aja menghadapi pertanyaan itu. Gue cukup tenang karena makin berumur segini, sebagai aktor pun gue jadi lebih banyak belajar, dan ternyata gue menyadari bahwa memang dalam memerankan suatu peran, seorang aktor akan menggunakan sisi-sisi dari dalam dirinya. Makanya, kita di-hire karena kita aktor yang begini, aktor yang A atau aktor yang B," papar aktris kelahiran Jakarta, 16 Maret 1982 ini.

Di antara peran Cinta di AADC dan sekuelnya, Ada Apa dengan Cinta? 2 yang akan rilis di bioskop pada 28 April mendatang (tonton trailer-nya di sini), Dian telah berakting di enam film panjang dengan deskripsi karakter yang beragam. Dari petugas tiket bus TransJakarta di Ungu Violet (2005), penyanyi dangdut di 3 Doa 3 Cinta (2008), hingga wanita kantoran di 7/24 (2014). Dari pengalamannya tersebut, Dian melihat bahwa ia memang selalu memakai beberapa aspek dari dirinya yang asli dalam menghidupkan peran-perannya, dan menurutnya itu bukan berarti sebuah kekurangan.

"Gue nggak melihat kesuksesan seorang aktor itu dari beda atau nggaknya (karakter). Kalau seorang aktor jadi beda banget, itu namanya bukan akting, tapi berbohong. Jadi, memang seorang aktor yang jujur saat berakting akan menggunakan bagian dari dirinya dalam men-deliver aktingnya. Jadi gue nggak khawatir, karena gue sebagai aktor mencoba menjadi jujur," ungkapnya.

Dalam Muvila Roundtable with AADC episode 6, Dian Sastrowardoyo juga sempat utarakan soal sebagian dirinya yang menjadi Cinta serta dampak dari aktingnya sebagai Cinta dalam film AADC. Tonton di bawah.

Foto: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News