1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Embargo Dicabut, Furious 8 Targetkan Kuba Jadi Lokasi Syuting

Muhammad Rizal Fikri | 7 Januari 2016 23:00

Jika rencana dan izin lancar, Universal Pictures menjadi studio produksi film besar Hollywood pertama yang syuting di Kuba.

Muvila.com – Fast and Furious dikenal sebagai franchise film yang memakai berbagai lokasi eksotis di dunia untuk melakukan syuting. Mulai dari tempat-tempat di Amerika Serikat, kemudian melalang buana hingga ke Jepang, Inggris, Brazil, dan yang terbaru ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Nah untuk film ke-8-nya, Universal Pictures berencana untuk memakai negara kepulauan Kuba sebagai salah satu lokasi syutingnya.

Rencana syuting Furious 8 ini menjadi tak biasa karena Kuba merupakan negara yang jarang dikunjungi studio film Hollywood. Hal ini tak terlepas dari dampak embargo yang dilakukan pemerintah Amerika Serikat mulai tahun 1960. Akan tetapi, dengan adanya lagi hubungan diplomatik antar kedua negara yang dilakukan Presiden Barack Obama dengan Presiden Raul Castro pada Desember 2014, maka hubungan kedua negara kembali terbuka.

Mengutip The Hollywood Reporter, sutradara F. Gary Gray baru saja kembali dari survey lokasi syuting di Kuba dengan status izin perjalanan untuk penelitian. Satu narasumber mengatakan bahwa Unviersal Pictures sudah mengurus surat-surat izin untuk melakukan syuting di Kuba. Jika izin tersebut disetujui, Universal Pictures menjadi studio produksi film besar Hollywood pertama yang melakukan syuting di Kuba sejak embargo tahun 1960.

“Universal Pictures sedang dalam proses mengesahkan izin dari pemerintah Amerika Serikat dan Kuba untuk bisa melakukan syuting sebagian adegan film Furious 8,” ungkap perwakilan Universal Pictures.

Sejak dicabutnya status embargo tersebut, pada Maret tahun lalu Conan O'Brien bersama acara talk show tengah malamnya menjadi talk show pertama yang syuting di Kuba sejak tahun 1962. Tahun lalu, ada film berjudul Papa, yakni film independen garapan Bob Yari tentang seorang jurnalis muda yang berteman dengan Ernest dan Mary Hemingway.

“Kuba mempunyai sebuah kecantikan yang unik, kalian akan berada di sebuah lokasi unik yang sangat sulit untuk dibangun di tempat lain,” ungkap Bob Yari, seperti dikutip The Hollywood Reporter. Tetapi, melakukan syuting di Kuba juga mendatangkan berbagai tantangan tersendiri.

“Di sana belum ada infrastruktur dan fasilitas yang memadai, sehingga banyak yang harus dibawa sendiri. Kru lokal sangat bersemangat dan pekerja keras, tetapi mereka belum terbiasa dengan model produksi film yang dilakukan di Amerika,” tambah Yari.

Selain Kuba, Rusia dan Islandia juga akan dipakai Furious 8 sebagai lokasi syutingnya. Sekuel ini akan menjadi awal dari trilogi terbaru Fast and Furious yang dijadwalkan rilis pada April 2017.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News