1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Film AADC 2 Tembus 1 Juta Penonton

Angga Rulianto | 2 Mei 2016 14:30
Dalam lima hari, AADC 2 yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra sukses ditonton 1 juta orang.

Muvila.com – Setelah lima hari beredar di bioskop-bioskop Indonesia, pada siang hari ini, 2 Mei 2016, jumlah penonton film Ada Apa Dengan Cinta? 2 (AADC 2) telah menembus 1 juta orang. Sebelumnya, film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra ini telah mencetak rekor box office Indonesia dengan meraih sekitar 200 ribu penonton dari hari pertama penayangannya pada 28 April lalu di bioskop-bioskop Indonesia saja. Angka ini terus menanjak sehingga mencapai 700 ribu penonton di hari ketiga.

“Kami benarā€benar terharu. Pada akhir hari pertama, kami menerima laporan bahwa jumlah penonton AADC 2 menembus 200 ribu. Dan di hari kelima rilis, angka ini menembus 1 juta. Ini belum pernah terjadi sebelumnya untuk film Indonesia. Semoga ini memberikan semangat kepada semua orang, bahwa film Indonesia masih dicari, ditunggu dan sampai diantre oleh penontonnya," ujar Mira Lesmana, produser sekaligus salah satu penulis skenario film AADC 2, dalam pernyataan tertulisnya yang diterima Muvila.

Jumlah penonton AADC 2 ini terbilang istimewa jika dibandingkan raihan penonton beberapa film Indonesia dalam satu tahun terakhir, misalnya. Tengok saja prestasi film Surga yang Tak Dirindukan (2015) yang baru berhasil ditonton lebih dari 1,2 juta orang setelah sekitar satu bulan beredar di bioskop-bioskop. Sama halnya dengan Comic 8: Casino Kings Part 1 yang meraih 1,09 juta penonton setelah sebulan penayangannya.

"Semoga ini terus bertahan sampai beberapa minggu ke depan. Kami bahagia, bahwa hasil kerja keras kami, our labour of love, bisa diterima dengan antusias oleh masyarakat," kata Riri Riza, sutradara AADC 2.

Film AADC 2 ini memang amat berpotensi untuk terus menambah angka penontonnya, apalagi mengingat jumlah layar bioskop yang menayangkan kini telah mencapai 500 layar. Sebelumnya, menurut Mira, AADC 2 diputar di 183 layar di seluruh jaringan bioskop Indonesia (120 layar milik Cinema 21 dan 63 layar dari jaringan bioskop lain). Penyebab lain tingginya jumlah penonton AADC 2 yaitu tak sedikit pula penonton yang menyaksikan film ini lebih dari sekali.

"Saya terharu ada yang menonton sampai berkali-kali, ungkap Dian Sastrowardoyo, pemeran Cinta, seperti tertulis dalam rilis pers.

Jumlah penonton AADC 2 juga sangat mungkin bertambah karena film ini tak hanya diputar di Indonesia saja, tapi juga di Malaysia dan Brunei Darussalam. Bahkan di Malaysia, AADC 2 berhasil meraih pendapatan RM 300 ribu atau sekitar Rp 1 miliar di hari perdana pemutarannya pada 28 April pekan lalu. Di negeri jiran itu, menurut Mira Lesmana, mulanya AADC 2 akan diputar di 59 layar, tapi kemudian ditambah menjadi 81 layar para hari pertama peredarannya karena tingginya animo penonton di sana.

AADC 2 adalah sekuel dari film laris AADC tahun 2002 yang berhasil ditonton lebih dari 2,7 juta orang. Kisahnya tentang dua remaja penyuka puisi, Cinta dan Rangga, yang saling jatuh hati, lalu diakhiri dengan kepergian Rangga ke New York. Empat belas tahun setelahnya, film AADC 2 melanjutkan kisah roman tersebut. AADC 2 ini juga dibintangi Adinia Wirasti (Karmen), Sissy Prescillia (Milly), Titi Kamal (Maura), Dennis Adishwara (Mamet). Akting Ario Bayu, Christian Sugiono, Dimi Cindyastira, dan Sarita Thaib juga memperkuat film AADC 2 ini.

“Penantian 14 tahun adalah penantian yang panjang. Ini seperti reuni kami juga dengan penonton,” kata Nicholas Saputra, pemeran Rangga, yang juga gembira atas antusiasme besar dari penonton AADC 2.

Foto: Miles Films

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News