1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Film Biopic Edward Snowden Rilis Akhir Tahun Ini

Reino Ezra | 24 Februari 2015 11:00
Film Snowden garapan Oliver Stone dibintangi Joseph Gordon-Levitt dan Shailene Woodley ditargetkan rilis di Amerika Serikat pada Natal 2015.

Muvila.com – Sosok kontroversial Edward Snowden tak lama lagi akan hadir dalam sebuah film biografi berjudul Snowden. Bahkan, sebagaimana diumumkan distributor Open Road Films, film garapan sineas kawakan Oliver Stone tersebut bakal rilis tepat di hari Natal, 25 Desember 2015 di AS. Aktor Joseph Gordon-Levitt dipastikan akan memerankan sosok Snowden, didampingi para pemain terkenal lain seperti Shailene Woodley, Melissa Leo, Zachary Quinto, Tom Wilkinson,Timothy Olyphant, Rhys Ifans, dan Joely Richardson.

Proyek film Snowden dari Stone sudah mengemuka sejak pertengahan tahun lalu, dan rupanya proyek ini berkembang cukup cepat sehingga bisa terealisasi segera. Film ini dibuat berdasarkan buku The Snowden Files: The Inside Story of the World's Most Wanted Man karya Luke Harding, serta novel Time of the Octopus oleh pengacara Snowden di Rusia, Antoly Kucherena. Sedangkan Kieran Fitzgerald telah ditunjuk sebagai penulis skenarionya. Sebagaimana dilansir oleh The Hollywood Reporter, film Snowden sudah memulai syuting di Munich, Jerman, dan akan berlanjut hingga pertengahan Mei.


Sosok Snowden, mantan analis CIA dan NSA, menjadi bahan pemberitaan internasional ketika pada Juni 2013, ia membocorkan rahasia intelijen AS kepada wartawan Inggris, Glenn Greenwald. Salah satu poin yang ia beberkan adalah bahwa badan intelijen seperti CIA dan NSA menggunakan teknologi yang memampukan mereka untuk memata-matai siapa pun di dunia ini, termasuk warga AS sendiri. Hal ini kemudian membuatnya jadi buron oleh pemerintahnya sendiri karena dianggap berkhianat, sehingga ia harus hidup berpindah-pindah mencari suaka. Namun, di sisi lain Snowden juga dianggap sebagai pahlawan karena menyuarakan kebenaran.

Fakta bahwa Stone, seorang sineas AS, mengangkat kisah Snowden sebenarnya tidak mengejutkan. Stone memang dikenal sebagai sineas Hollywood yang politis dan kerap membuat karya berisi kritik keras terhadap pemerintahannya sendiri. Ia pernah melakukannya di film seperti Platoon, JFK, hingga W. Snowden sendiri bakal jadi film pertama Stone selama tiga tahun, sejak terakhir kali merilis Savages tahun 2012, yang sempat mengambil lokasi syuting di Indonesia.

Saking menariknya sosok Snowden, film karya Stone tersebut bukanlah proyek film satu-satunya. Sebelumnya, sudah ada film dokumenter Citizenfour yang mengangkat sosok Snowden, yang berhasil meraih Piala Oscar tahun ini kategori Best Documentary Feature. Dan, ada pula proyek film fiksi tentang Snowden dari studio Sony Pictures bersama produser film-film James Bond, Michael G. Wilson dan Barbara Broccoli. Proyek tersebut akan langsung mengambil sumber dari buku No Place to Hide: Edward Snowden, The NSA, and the US Surveillance State karya Glenn Greenwald. Namun, belum ada kabar kapan film ini akan mulai produksi atau rilis.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News