1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Film Berlatar 'Jadul' Pimpin Nominasi Golden Globes 2016

Mia Vita Della | 11 Desember 2015 21:00
Berlatar tahun 1950-an, film Carol tentang percintaan pasangan lesbian memborong lima nominasi penghargaan Golden Globes.
Copyright: carol

Muvila.com – Musim penghargaan untuk para insan perfilman dan pertelevisian tahun depan sudah dimulai. Salah satu penandanya adalah pengumuman nominasi penghargaan Golden Globes ke-73 oleh The Hollywood Foreign Press Association (HFPA) pada Kamis, 10 November 2015. Yang menarik, film-film berlatar suasana tempo dulu mendominasi daftar nominasi kali ini. Peraih nominasi terbanyak adalah film Carol yang berlatar New York era tahun 1950-an.

Film yang dibintangi oleh Cate Blanchett dan Rooney Mara ini menuturkan kisah cinta pasangan lesbian antara Carol Aird, seorang wanita yang sudah menikah, dan Therese Belivet, wanita penjaga toko. Kisah drama yang merupakan adaptasi karya Patricia Highsmith ini menyabet lima nominasi, di antaranya Film Drama Terbaik, Aktris Drama Terbaik untuk Blanchett dan Mara, Sutradara Terbaik dan Original Score Terbaik.

Meski tak berlatar waktu selawas Carol, film Steve Jobs mampumendapatkan empat nominasi, yaitu Aktor Terbaik untuk Michael Fassbender, Aktris Terbaik untuk Rooney Mara, Penulis Skenario Film Terbaik untuk Aaron Sorkin dan Original Score Terbaik. Dengan tiga latar waktu waktu, yaitu tahun 1984, 1988 dan 1998, film ini mengisahkan perjuangan Steve Jobs mendirikan Apple.Inc.

Bukan hanya Steve Jobs saja yang mendapatkan empat nominasi, film The Revenant yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio juga memperoleh jumlah nominasi yang sama. Film ini masuk nominasi Film Drama Terbaik, Aktor Drama Terbaik untuk Leonardo DiCaprio, Sutradara Terbaik untuk Alejandro González Iñárritu dan Original Score Terbaik.

The Revenant sendiri menceritakan tentang perjuangan Hugh Glass, pemburu dan penjelajah hutan di Amerika Serikat, yang hidup pada akhir tahun 1700-an hingga awal 1800-an. Ia melakukan misi perburuan, tapi tiba-tiba diserang oleh beruang Grizzly. Tak ada seorang pun yang menolong, bahkan timnya pun meninggalkannya. Ia disangka meninggal dunia. Sejak itu, Glass menaruh dendam kepada tim pemburu tersebut dan bertahan hidup melawan badai salju yang luar biasa.

Film The Big Short yang baru ditayangkan pada 23 Desember 2015 di Amerika itu juga mendapatkan empat nominasi Golden Globes, yaitu Film Komedi Terbaik, Aktor Komedi Terbaik untuk Christian Bale dan Steve Carell, dan Skenario Film Terbaik

Sementara itu, deretan nominasi untuk insan pertelevisian dalam ajang Globen Globes 2016 dipadati oleh sejumlah serial televisi anyar. Sebut saja Casual, Mozart in the Jungle, Mr. Robot, dan Narcos. Akan tetapi, sejumlah serial televisi ternama, seperti Empire dan Mad Men tentu saja masih mengisi di beberapa nominasi.

Pengumuman pemenang Golden Globes 2016 akan dilaksanakan pada 10 Januari 2016 di Beverly Hilton Hotel, Beverly Hills, California dan disiarkan secara langsung oleh NBC pukul 17.00 waktu setempat. Sebelum itu, simak dulu daftar lengkap nominasi Golden Globe Awards 2016 di halaman belakang.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News