1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Ada Fakta Penting yang Dihilangkan dalam Film-Film Biografi ini

Muhammad Rizal Fikri | 30 Januari 2016 14:00
Meniadakan fakta penting ini membuat cerita yang hadir dalam film menjadi berbeda dari sejarah yang ada.

Muvila.com – Dari banyaknya ragam cerita yang ditawarkan dalam sebuah film layar lebar, biografi tokoh dunia menjadi satu genre tersendiri. Film biografi mulai diproduksi sebelum tahun 1950. Tercatat di tahun 1900 ada satu film biografi berjudul Jeanne d'Arc yang mengangkat kisah Joan of Arc, perempuan asal Prancis yang berjasa saat perang di tahun 1400-an.

Tujuan dari film biografi ini sendiri adalah untuk memaparkan kisah dari sosok nyata. Kisah nyata tersebut dipoles dengan unsur-unsur dramatisasi dan estetika untuk keperluan hiburan. Hal tersebut menjadikan film biografi tidak sepenuhnya valid untuk dijadikan referensi sejarah. Meski begitu, saat penonton mencari tahu tentang seorang tokoh, film biografi dapat menjadi pilihan. 

Batasan ruang dan waktu tentu membuat film biografi tak mencakup seluruh kisah hidup tokoh ternama. Ada sisi yang ditonjolkan dan ada yang disembunyikan. Pada kesempatan ini kami sajikan 5 film biografi yang dengan sengaja menyembunyikan atau tak memasukan sebuah fakta penting sebuah tokoh dalam film biografinya. Mengapa demikian? Ulasan di halaman-halaman selanjutnya akan menjawabnya. 

Get On Up (2014)

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News