1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Film-film Peraih Oscar Terbanyak yang Gagal Jadi Film Terbaik

Reino Ezra | 4 Maret 2016 16:00
Film Mad Max: Fury Road menambah deretan film yang koleksi gelar terbanyak tetapi gagal di Best Picture.

Muvila.com – Piala Oscar 2016 yang baru digelar awal pekan ini masih menyimpan cerita menarik. Salah satunya adalah dari film laga futuristis Mad Max: Fury Road yang sukses mengoleksi Piala Oscar terbanyak tahun ini, yaitu sejumlah enam piala. Gelar-gelar itu didapat seluruhnya dari kategori teknis dan artistik, seperti Production Design, Costume Design, Makeup and Hairstyling, Sound Mixing, Sound Editing, dan Film Editing.

Sayangnya, Fury Road gagal untuk melengkapi kejayaannya dengan gelar Best Picture atau Film Terbaik. Gelar tersebut direbut oleh Spotlight, yang total hanya meraih dua piala tahun ini—satunya untuk Best Original Screenplay.

Meski bukan syarat mutlak, lazimnya film yang akhirnya meraih gelar Best Picture di ajang Piala Oscar juga menjadi peraih jumlah piala terbanyak, atau setidaknya sama dengan film-film pesaing terdekatnya. Namun, memang bukan sekali ini terjadi bahwa film dengan Piala Oscar terbanyak di tahun bersangkutan gagal meraih Best Picture. Fury Road sendiri bernasib sama dengan beberapa film lain dalam sejarah Oscar, bahkan sejak era 1940-an.

Kali ini, Muvila telah merangkum beberapa film yang jumlah Piala Oscar-nya jadi yang terbanyak di tahun penyelenggaraannya, namun di kategori pamungkas Best Picture malah harus mengakui film lain sebagai pemenangnya. Apa saja? Simak mulai halaman selanjutnya.

 

THE BAD AND THE BEAUTIFUL (1952)

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News