1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Film Pendek Bertamu Pertanyakan Definisi Sosok Ibu

Mia Vita Della | 16 Juni 2016 19:00
Film pendek Bertamu merupakan proyek akhir kuliah Oris Primadewa, mahasiswa Limkokwing University, Cyberjaya, Malaysia.

Muvila.com – Satu film pendek bikinan mahasiswa Indonesia di Limkokwing University, Cyberjaya, Malaysia, ini berhasil mencuri perhatian. Dengan judul Bertamu, kisah film garapan Oris Primadewa ini mempertanyakan definisi seorang ibu.

"Apakah Ibu adalah wanita yang cukup melahirkan anak saja ataukah yang sudah merawatnya saja sejak kecil?," kata Oris, seperti dikutip Kapanlagi.com.

Oris mengaku bahwa ide cerita untuk film Bertamu ini datang dari pengalaman pribadinya sewaktu kecil. Dulu, ia sering diajak sang ibunda ke panti asuhan.

"Ibu gue sering ajak gue ke panti asuhan dulu, tiap ke sana pasti Ibu panti selalu ada cerita tentang anak-anaknya. Salah satunya ada yang ninggalin anak dari bayi, keadaannya nggak begitu baik," cerita Oris.

Oris yang duduk di semester akhir ini melanjutkan, "Ia ketika itu anaknya udah besar, orang tuanya balik mau ambil lagi, nggak dibolehin sama ibu panti karena dia merasa dia yang merawat anak ini dari kecil. Jadi orang tua aslinya nggak ada hak untuk mengambil anaknya. Konflik ini interesting sekali buat gue, makanya gue adaptasi ke short film gue," jelasnya.

Dalam film ini, cerita akan difokuskan pada tokoh Bara dan masa lalunya. Dari situ, Oris menggali lebih dalam menggenai hubungan antara ibu yang merasa bersalah dan anaknya yang penasaran.

"There's no stranger feeling than the feeling of being a guest in your own house, it's just a quotes of the character's feeling, belum tentu semua orang merasakan hal yang sama," ungkap Oris, yang mengisyaratkan dinginnya hubungan Bara dengan ibu kandungnya.

Lewat film Bertamu ini, Oris berharap para penontonnya kelak dapat mengambil hikmahnya. "Kalau berbohong untuk maksud apa pun, walaupun baik, ya pasti akan berakhir buruk, itu pesan yang bisa diambil oleh penonton," ujarnya.

Dalam proses pembuatannya, Oris dibantu oleh teman-teman kuliahnya. Sementara untuk jajaran aktornya, ia melibatkan orang-orang terdekat, pemain teater, dan juga salah satu aktor di serial Halfworlds. Film Bertamu ini rencananya bukan hanya dijadikan proyek akhir kuliah, tapi juga akan diikutsertakan dalam festival-festival film.

"Tujuan utamanya ini untuk final project gue di Limkokwing University di Cyberjaya, Malaysia. Ini semester terakhir gue, kita harus buat short film dengan research yang memadai dan teknik yang udah dipelajari selama tiga tahun terakhir ini. Cuma pastinya gue buat film ini juga untuk dimasukin ke festival-festival nantinya," tandasnya.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News