1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Film Room, Melihat Dunia dari Mata Anak 5 Tahun

Reino Ezra | 12 Februari 2016 16:00
Salah satu peraih nominasi Best Picture di Piala Oscar ini angkat isu kekerasan dari sudut pandang korban.

Muvila.com – Tindakan kekerasan terhadap perempuan dan anak jadi kasus kejahatan yang sering terdengar di berbagai belahan dunia, dan tak jarang pula menginspirasi cerita-cerita dalam karya fiksi, termasuk literatur dan film. Tahun 2010, penulis Kanada-Irlandia, Emma Donoghue, menerbitkan novel Room, yang membahas isu penculikan, penyekapan, dan kekerasan seksual terhadap wanita remaja. Novel ini kemudian diadaptasi oleh sineas Irlandia, Lenny Abrahamson, di tahun 2015 menjadi film drama berjudul sama.

Jack (Jacob Tremblay), bocah berumur lima tahun, seumur hidupnya hanya tinggal di dalam sebuah kamar terkunci bersama sang ibu yang dipanggilnya Ma (Brie Larson). Mereka tak pernah keluar dari ruangan itu, sementara Ma senantiasa berusaha membuat Jack senyaman mungkin dengan berbagai cerita dan permainan. Sementara, kebutuhan mereka sehari-hari disediakan oleh Old Nick (Sean Bridgers), satu-satunya orang yang tahu kode kunci pintu kamar mereka.

Pada kenyataannya, Ma adalah korban penculikan dan penyekapan dari Old Nick sejak remaja. Jack sendiri adalah anak dari benih Old Nick yang secara berkala memerkosa Ma. Suatu ketika, timbul pemberontakan dalam batin Ma, dan ia mulai mencari cara agar bisa keluar dari kurungan itu.

Akan tetapi, keluar dari sekapan Old Nick bukanlah persoalan yang terberat. Keluarnya Jack dan Ma dari kamar itu berarti membawa mereka pada dunia yang asing, khususnya bagi Jack. Saat mereka berhasil keluar, Jack harus beradaptasi dengan kehidupan yang lebih luas dari kamarnya dulu. Sementara Ma harus juga berhadapan dengan perubahan dunianya, keluarganya, serta traumanya setelah bertahun-tahun alami kekerasan.

Seperti novel aslinya, kisah Room diambil dari sudut pandang Jack dalam melihat situasi yang dialami dirinya dan ibunya. Dalam menggarap film yang menampilkan kedekatan erat seorang ibu dan anaknya dalam situasi yang tak biasa, Abrahamson sebagai sutradara mengaku banyak merujuk pada cara-cara menuturkan kisah cinta pada umumnya.

"Ungkapan roman yang paling konvensional adalah menaruh sepasang kekasih dalam tekanan yang ekstrem, di mana mereka harus membuat keputusan-keputusan demi menyalakan berbagai aspek dalam hubungan mereka. Room melakukan hal yang sama, tetapi dalam hubungan orang tua dan anak. Kisah ini menjadi bahan diskusi yang kaya tentang apa arti bertumbuh dewasa," jelas Abrahamson, seperti dikutip The Guardian.

Demi menyampaikan cerita ini semaksimal mungkin, Abrahamson pun harus mencari pemeran yang paling tepat dan mampu memperlihatkan kedekatan hubungan yang diinginkan. Untuk peran Ma, direkrutlah Larson yang berusia 25 tahun saat produksi dilakukan, serta Tremblay, aktor cilik yang saat itu berusia 8 tahun.

"Brie orangnya sangat hangat dan Jacob anak yang menyenangkan. Mereka tahu bahwa hubungan mereka akan bernilai penting untuk film ini, sehingga mereka berupaya untuk bisa berteman, dan mereka benar-benar melakukannya," ungkap Abrahamson.

Room merupakan film produksi bersama Kanada dan Irlandia, yang melakukan pemutaran perdananya di Telluride Film Festival 2015 di Amerika Serikat. Film ini kemudian meraih penghargaan People's Choice Award—film terfavorit penonton—di Toronto International Film Festival 2015 di Kanada, yang semakin memantapkan langkahnya masuk awards season di Hollywood.

Di awal tahun 2016, film ini berhasil memenangkan penghargaan di Golden Globe Awards, Screen Actors Guild Awards, dan Critics' Choice Movie Awards untuk penampilan Brie Larson sebagai aktris utamanya. Prestasi Room berlanjut ke ajang Oscars tahun ini dengan meraih empat nominasi penting, yaitu Best Picture, Best Directing, Best Adapted Screenplay, dan Best Actress.

Room turut dibintangi oleh Joan Allen, William H. Macy, dan Tom McCamus, dan akan dirilis di bioskop Indonesia dalam waktu dekat. Lihat trailer-nya di bawah ini.

 

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News