1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Independence Day: Resurgence Berjaya di Korea Selatan

Mia Vita Della | 28 Juni 2016 14:00
Film lokal Handmaiden telah mengungguli rekor Deadpool sebagai film berlabel dewasa yang paling banyak ditonton tahun ini.

Muvila.com – Film Hollywood Independence Day: Resurgence berjaya di box office Korea Selatan. Pada pekan pertama penayangannya, film fiksi ilmiah itu sukses meraih 7,3 juta dolar AS dan menjadi jawara box office pekan ini.

Diarahkan oleh Roland Emmerich, sekuel film hit tahun 1996 ini menampilkan kondisi bumi saat menghadapi ancaman baru. Pasca invasi alien berakhir tahun 1996, negara-negara di dunia pun bekerja sama dalam program bernama Earth Space Defence (ESD), di mana mereka menciptakan sistem peringatan dini planet bumi dengan menggunakan teknologi alien yang tertinggal.

Namun kenyataannya tidak ada yang bisa mempersiapkan untuk menghadapi serangan balik alien. Lewat kecerdikan David Levinson (Jeff Goldblum), pilot Jake Morrison (Liam Hemsworth) dan beberapa orang pemberani, mereka berjuang membebaskan bumi dari kepunahan.

Film ini dirilis dalam format 2D, 3D dan Imax 3D yang membantu untuk mendongkrak pendapatannya di box office global. Di Korea Selatan, film ini dibuka pada 926 layar bioskop dan sukses menarik 36 persen dari total pendapatan box office akhir pekan lalu.

Sementara itu, film Disney The Jungle Book pun adi kewalahan untuk meraup untung lebih besar di Korea Selatan. Seperti dilaporkan Variety, selama satu pekan lalu, performa film remake animasi klasik Disney menjadi menurun sekitar 46 persen dan jatuh ke posisi kedua box office. Film petualangan ini hanya mengantongi 2,5 juta dolar AS.

Tak jauh dari posisi The Jungle Book, film lokal Proof of Innoncence bertahan di peringkat ketiga dengan membawa pendapatan 1,7 juta dolar AS di akhir pekan. Film yang menceritakan tentang seorang pengacara yang berupaya menggali kebenaran di balik tuduhan kejahatan palsu seorang narapidana ini sukses mengungguli raihan The Conjuring 2 dan The Handmaiden.

Dihitung dari hasil penjualan tiket pada hari Jumat sampai Minggu, The Conjuring 2 hanya menghasilkan 1,5 juta dolar. Sebanyak 204 ribu tiket terjual dari 474 layar yang dibuka di Korea Selatan. Sementara The Handmaiden arahan arahan Park Chan-wook ini tercatat telah menjual 4 juta tiket lebih sejak ditayangkan pada 1 Juni lalu. Pada akhir pekan lalu, ia kembali sukses menjual 155 ribu tiket.

Film thriller Korea ini telah melampaui rekor Deadpool, film superhero bersertifikat 19 tahun ke atas di Korea Selatan. Film produksi Warner Bros. itu berhasil menjual 3,2 juta tiket saat ditayangkan pada bulan Februari lalu. Dengan begitu, The Handmaiden kini resmi menjadi film berlabel dewasa yang paling banyak ditonton tahun ini.

Mengambil latar pada masa penjajahan Jepang, film ini berpusat pada konspirasi seorang pangeran yang menyewa seorang gadis muda untuk melayani seorang wanita Jepang demi mendapatkan warisannya. Film ini telah ditayangkan di Cannes International Film Festival ke-69 dan mendapatkan respon positif dari penontonnya.

Selain The Handmaiden, The Wailing juga menuai pujian ketika ditayangkan di Festival Film Cannes ke-69. Hal itu membuat penonton Korea Selatan terus berdatangan untuk menyaksikan karya terbaru sutradara terpuji Na Hong-jin (The Chaser dan The Yellow Sea) ini.

Pada box office pekan ini, film ini berhasil mengantongi 152 juta dolar AS. Meskipun terlihat sedikit, namun itu sudah merupakan jumlah yang luar biasa untuk film yang sudah diputar lebih dari satu bulan lamanya.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News