1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Indro Warkop: Bangga Film Laris karena Jadi Lokomotif

Reino Ezra | 15 April 2016 19:00
Komedian senior Indro Warkop tuturkan harapannya terhadap kejayaan perfilman Indonesia.

Muvila.com – Komedian senior Indro Warkop terhitung sebagai salah satu bintang yang sepanjang kariernya sering muncul di film-film yang laris pasaran. Di era 1980-an dan awal 1990-an, banyak film yang dibintangi Indro bersama grup Warkop DKI—saat bersama mendiang Dono dan Kasino—meraih prestasi sebagai film Indonesia terlaris di tahun masing-masing. Sebut saja Pintar Pintar Bodoh (1981), Maju Kena Mundur Kena (1983), hingga Bebas Aturan Main (1994).

Di era milenium ini pun Indro kembali merasakan jadi bagian dari film yang laris di pasaran, terutama lewat keterlibatannya di franchise film laga komedi Comic 8, yang ketiga jilidnya masing-masing berhasil menjual di atas satu juta tiket bioskop. Akan tetapi, Indro berpendapat bahwa kebanggaan film yang laris itu pantang ditanggapi dengan dangkal.

"Dulu Warkop bangga menjadi yang terbanyak bukan karena Warkop-nya aja, tapi karena kita jadi lokomotif, narik (film yang lain). Nah, itu yang saya sekarang kepingin semua orang berpikir kayak gitu dong," ungkap Indro.

Bagi Indro, tidak tepat bila prestasi sebuah film sebagai yang terlaris dijadikan kebanggaan bagi film bersangkutan saja. Menurutnya, kebanggaan yang sebenarnya adalah film yang laris dapat juga menarik minat masyarakat untuk menonton film Indonesia yang lain. Pandangan yang lebih luas itulah yang akan lebih mendorong semangat kemajuan film Indonesia, yang sempat mengalami pasang surut sejak era 1990-an dalam hal menarik penonton ke bioskop. 

"Film kita harus berjaya di negeri sendiri, balik lagi kayak zaman Warkop dulu. Bagaimana dulu Warkop dihadapkan pada film luar yang top-top. Sekarang mana berani film Indonesia ngelawan film Barat? Buat saya menyedihkan," ucapnya.

Tuturan lengkap Indro tentang film Indonesia dapat disaksikan dalam video Meet the Artist terbaru persembahan Muvila di bawah ini. Simak juga ceritanya tentang menjadi aktor yang tak melawak, kehidupan glamor selebriti, dan alasannya mempertahankan brand Warkop DKI pada dirinya sampai sekarang.

Foto: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News