1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Inilah 10 Film Pendek Finalis Plaza Indonesia Film Festival 2016

Reino Ezra | 26 Mei 2016 19:00
Plaza Indonesia adakan kompetisi film pendek Indonesia bertema Celebrating Women.

Muvila.com – Melanjutkan program kegiatan di bidang film, pusat perbelanjaan Plaza Indonesia pekan ini memulai Plaza Indonesia Film Festival 2016. Di tahunnya yang kedua, festival ini kembali mengusung tema Celebrating Women. Selain memutarkan film-film panjang pilihan dari Indonesia maupun mancanegara, acara yang berlangsung pada 25-28 Mei 2016 ini juga telah membuka segmen Short Film Competition, yang melombakan film-film pendek Indonesia yang mengangkat tema perempuan.

Pendaftaran kompetisi ini telah dibuka oleh Plaza Indonesia sejak bulan November 2015 hingga bulan April lalu, dan total telah terkumpul 179 film pendek yang terdaftar. Dari film-film tersebut, dipilihlah 10 film pendek finalis yang akan dinilai oleh juri profesional, terdiri dari sineas Nia Dinata dan Sammaria Simanjuntak, serta aktris Dian Sastrowardoyo.

"Selain kami ingin memberikan alternatif hiburan bagi pengunjung Plaza Indonesia, kami juga berharap dapat mendukung film-film Indonesia dengan lebih maksimal, dengan menyediakan sarana dan fasilitas agar film Indonesia lebih maju. Dan, mendukung anak bangsa untuk terus berkreasi membuat film terbaik, dengan salah satunya unjuk kemampuan dalam Plaza Indonesia Film Festival 2016 Short Film Competition," ungkap Zamri Mamat, General Manager Marketing & Communications Plaza Indonesia, dalam sambutannya di pembukaan festival, 25 Mei lalu di bioskop Plaza Indonesia XXI, Jakarta.

"I really appreciate this film festival. Karena biasanya mall itu hanya bergerak di bidang yang sangat komersial. Saya tahu film ini masih sangat baru (perkembangannya) di Indonesia, tetapi memang sudah waktunya mall ini peduli terhadap film, so I thank you for that," ungkap Nia Dinata dalam kesempatan yang sama.

10 film pendek finalis ini akan dinilai untuk mendapatkan penghargaan di tiga macam kategori. Kategori tersebut adalah Best Short Film, Best Performance, dan Best Scriptwriter. Pemenang Best Short Film akan berhak mendapat hadiah dana Rp 50 juta, sementara kategori lain akan mendapat hadiah masing-masing Rp 10 juta.

Kesepuluh film finalis telah dikompilasikan dan dapat disaksikan secara gratis untuk umum di bioskop Plaza Indonesia XXI pada 25, 26, dan 27 Mei—setelah pemutaran film-film panjangnya. Usai menonton, pengunjung juga dapat memilih finalis favoritnya, untuk kemudian dirangkum dan terpilih pemenang Viewer's Choice Award. Pengumuman pemenangnya sendiri dilakukan dalam acara penutupan festival pada 28 Mei di tempat yang sama.

Berikut adalah 10 film pendek finalis Plaza Indonesia Film Festival 2016 Short Film Competition.
- Aku Memanggilmu Ibu, dir. Ivander Aditya Tjandra
- Aufwachen, dir. Winner Wijaya
- Body Connection, dir. Dedy Wijaya
- Ibu dan Anak Perempuannya, dir. Happy Salma & Gatot Subroto
- Melangkah, dir. Seruni Puti
- Meong, dir. Ony Pahlevi
- Montage of Edelweiss, dir. Irvan Aulia
- Opor Operan, dir. Mustafa
- Pengen HP, dir. I Made Suarbawa
- Sebelum Pagi Datang, dir. Asaf Charisma 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News