1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Inilah Cara Joko Anwar Kuatkan Karakter Pemain A Copy of My Mind

Lusi Triana | 21 November 2015 11:00
Tara Basro, Maera Panigoro, dan Paul Agusta mengungkapkan cara Joko Anwar untuk mengembangkan karakter dalam film ini.

Muvila.com – A Copy of My Mind mendapat tujuh nominasi dari Festival Film Indonesia (FFI) 2015. Sebelumnya, film garapan Joko Anwar ini pun telah tayang di berbagai festival film internasional, seperti Toronto, Busan, hingga Venice. Tak hanya meraih hasil membanggakan bagi para pemainnya, proses produksi film ini pun memberi kesan tersendiri.

Paul Agusta mengungkapkan bahwa awal keterlibatannya dalam film ini sekadar untuk membantu proyek film terbaru Joko Anwar ini. Bahkan, ia sama sekali tidak membaca skenario dan hanya diberi profil dari karakter yang ia mainkan.

It was very fun day dan aku nggak ngerasa kerja sama sekali. Aku hang out, met the people I like, it was fun dan sekarang masih cukup syok masuk nominasi (FFI) karena itu aku ngerasa itu bukan kerja tapi hang out with friends,” ujar Paul saat menghadiri acara temu wartawan pada Senin, 16 November lalu di Plaza Indonesia, Jakarta.

“Saya ambil peran ini of course karena Bang Joko, dan selain itu juga ceritanya sangat menarik. Memang mau bersenang-senang dan yang ngerjain juga temen-temen jadi punya goal yang sama,” tambah Tara.

Dalam menggarap film ini, rupanya Joko punya metode unik tersendiri supaya para pemainnya bisa menyatu dengan karakter yang mereka mainkan. Tara mengatakan, cara pendekatan Joko Anwar untuk pengembangan karakter berbeda dari sutradara lain yang pernah bekerja sama dengannya.

“Banyak sekali adegan menyenangkan dari sebelum mulai syuting. Persiapan yang kami lakukan lumayan intens, untuk pengembangan karakter, approach yang dilakukan oleh Bang Joko juga beda dari yang lainnya. Jadi bener-bener dimaksimalin dari mulai persiapan syutingnya, jadi tinggal capture the moment,” papar Tara.

Paul juga mengatakan bahwa ia diberi kebebasan oleh sang sutrdara untuk mengembangkan karakter beserta dialognya. Maera Panigoro juga menjelaskan proses pembangunan karakter para tokoh dalam film ini. Ia mengatakan dalam proses tersebut sempat menjalani proses wawancara untuk pendalaman karakter yang ia lakoni.

Workshop-nya agak berbeda dengan workshop-workshop yang pernah aku jalanin. Biasanya kita akan membahas karakter tapi aku di-interview. Aku di-interview sebagai karakter. Jadi si karakter ini di-interview oleh sutradara. Itu menyenangkan karena karakter saya waktu itu ditahan, jadi ada polisinya. Dan harus merasakan di-interview oleh Joko Anwar dia sangat demanding sih, harus dijawab sih dan itu. Menarik buat aku, cara mencari penokohan yang berbeda dari yang pernah aku alamin sebelumnya,” beber Maera.

A Copy of My Mind mengisahkan tentang sepasang kekasih, Sari (Tara Basro) dan Alex (Chicco Jerikho) yang bekerja sebagai karyawan salon dan penjual DVD bajakan. Secara tidak sengaja mereka menemukan sebuah DVD berisi rekaman tindak kejahatan korupsi yang melibatkan para pejabat tinggi dan seorang calon presiden.

Selain Tara Basro, Chicco Jerikho, Maera Panigoro, dan Paul Agusta, film ini juga didukung penampilan Ario Bayu. Film A Copy of My Mind akan tayang pada Februari 2016 di Indonesia. Sambil menunggu filmnya tayang, ini dia trailer film tersebut.

Foto: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News