1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Inilah Kisaran Gaji Sineas dan Pemain Film Blockbuster Hollywood

Muhammad Rizal Fikri | 17 Juni 2016 15:00
Aktor utama mendapat bayaran hampir tiga kali lipat dari bayaran sutradara.

Muvila.com – Produksi film melibatkan banyak orang. Jumlahnya sampai ratusan, tak jarang sampai ribuan apabila membuat film epik sejarah. Semuanya punya andil dalam proses produksi film. Lalu, berapa bayaran mereka, dari sineas, kru hingga pemain. Menjawab ini, Vanity Fair merilis video tentang kisaran penghasilan para sineas, kru dan pemain dari film Hollywood yang berbiaya besar atau blockbuster (rata-rata bujetnya 200 juta dolar AS, atau sekitar Rp 2,6 triliun).

Dari laporan Vanityfair, bayaran tertinggi yang didapat oleh aktor utama bisa mencapai 12 juta dolar AS. Sedangkan untuk aktor utama nomor dua, besar bayarannya diperkirakan 4,5 juta dolar AS. Untuk sutradara film berbujet produksi sebesar itu, ia mendapat bayaran 4 juta dolar AS, dan penulis skenario dibayar antara 250 ribu dolar AS hingga 3,5 juta dolar AS.

Untuk sutradara dan penulis skenario, jumlah bayaran yang diterima itu biasanya tergantung dari pengalaman mereka. Jumlah bayaran mereka dapat bertambah jika ada kesepakatan dalam kontrak mengenai bonus jika filmnya menembus nominal pendapatan tertentu.

Selain mereka, karena di zaman serba digital sekarang ini film-film sulit terpisahkan dari proses computer-generated imagery (CGI), maka bayaran untuk CG Artist pun bisa dibilang lumayan tinggi. Mereka mendapat bayaran dengan kisaran 1,2 juta dolar AS.

Sedangkan untuk cameo, seperti yang sering dilakukan Stan Lee dalam film-film superhero Marvel, mendapat bayaran sekitar 75 ribu dolar AS. Dengan angka perkiraan ini, Stan Lee yang biasanya hanya mengucap satu hingga dua kalimat dalam film-film superhero Marvel, total mendapat bayaran Rp 1,002 miliar.

Para pemain pengganti pun ada kriterianya masing-masing. Bagi pemeran pengganti untuk tokoh utama, baik laki-laki atau perempuan, mendapat bayaran mulai dari 104-116 ribu dolar AS. Setelah itu, ada pembagian lain, seperti pemain pengganti untuk adegan yang melibatkan api atau pemeran pengganti untuk adegan terlempar dari jendela. Masing-masing memiliki porsi bayaran yang berbeda.

Dalam video yang dirilis Vanity Fair ini juga disebutkan ada bayaran untuk kategori pemain pembantu yang sempat syuting dengan aktris utama, tapi tidak jadi tayang di hasil akhir filmnya. Siapa pun yang berada di posisi tersebut masih dibayar sebesar 1.920 dolar AS, atau setara dengan Rp 25 juta.

Berpatokan dari video ini, kita bisa menebak-nebak jumlah bayaran yang didapat Ray Sahetapy, yang sudah lakukan syuting tapi tidak jadi muncul dalam film Captain America: Civil War. Nah, jika Muvilaz penasaran ingin tahu bayaran para sineas, kru dan pemain lainnya dalam produksi film berbujet besar, tonton selengkapnya melalui tautan di bawah ini.

Catatan: Nominal bayaran dalam video di bawah hanya perkiraan yang diambil dari rata-rata beberapa film Hollywood. Oleh karena itu, nominal ini tidak bisa jadi patokan pasti.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News