1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Kisahkan Horor The Conjuring 2, James Wan Terinspirasi Film Ini

Muhammad Rizal Fikri | 8 Juni 2016 22:00
Film yang menginspirasi James Wan ini secara tak langsung menjadikan The Conjuring 2 gabungan dari fakta dan fiksi.

Muvila.com – Sebagai sekuel, film horor The Conjuring 2 masih mendasarkan ceritanya dari kejadian nyata yang dialami pasangan paranormal Ed dan Lorraine Warren. Toh hal tersebut tak membatasi proses kreatif sutradara James Wan. Dalam menuturkan kisah The Conjuring 2, ia mengaku terinspirasi film Adaptation (Spike Jonze, 2002).

Menurut Wan, Adaptation adalah contoh sempurna tentang seseorang yang diberi tugas untuk mengadaptasi sebuah cerita nyata, kemudian ia menulis sebuah cerita adaptasi yang jauh berbeda dari cerita sumbernya.

“Saya suka teknik menggabungkan fakta dan fiksi, sehingga menjadi sebuah cerita di mana kamu tidak tahu mana bagian yang nyata dan mana bagian yang fiktif,” jelas Wan, seperti dikutip Cinemablend.

Adaptation sendiri mengisahkan tentang tokoh penulis Charlie Kauffman (Nicolas Cage) yang menulis skenario adaptasi dari novel non-fiksi The Orchid Thief karya Susan Orlean. Dalam mengadaptasi buku tersebut, berbagai cara dicoba, tetapi tidak berhasil, hingga akhirnya ia berimprovisasi. Dengan bantuan saudara kembarnya, Donald Kauffman, Charlie berhasil membuat sebuah cerita baru dari The Orchid Thief.

Selain itu, Wan juga menegaskan, “Saya selalu menekankan bahwa menikmati sebuah film sebagai hiburan, saya tidak pernah menyatakan akan membuat sebuah film dokumenter. Ini adalah sebuah film subjektif yang ceritanya diambil dari sudut pandang tokoh-tokoh nyata yang sebisa mungkin saya hormati.”

Dari pernyataan Wan di atas, meskipun diadaptasi dari sebuah kisah nyata yang terjadi di London tahun 1970-an, The Conjuring 2 bisa dibilang sebuah film horor yang ceritanya sudah tidak sepenuhnya berpegang teguh pada kejadian nyatanya. Unsur-unsur yang ada di dalam film ini sepenuhnya dibuat untuk kepentingan hiburan film horor.

Kembali dibintangi Patrick Wilson dan Vera Farmiga sebagai pasangan Ed dan Lorraine Warren, The Conjuring 2 akan dirilis di bioskop-bioskop Indonesia pada 10 Juni nanti.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News