1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Jilbab Traveler Love Sparks in Korea Angkat Kisah Asma Nadia

Lusi Triana | 20 Mei 2016 17:00
Copyright: Asma Nadia
BCL tak hanya berperan sebagai Rania, ia juga menyanyikan lagu soundtrack yang berjudul “Aku Bisa Apa”.

Muvila.com – Guntur Soeharjanto sudah sering dipercaya untuk menyutradarai film adaptasi novel, seperti 99 Cahaya di Langit Eropa (2013) dan Assalamualaikum Beijing (2014). Kini, ia kembali dipercaya untuk menggarap film Jilbab Traveler Love Sparks in Korea, yang diadaptasi dari novel karangan Asma Nadia. Meski bukan kali pertama mengangkat kisah novel karya Asma Nadia, tapi Guntur mengatakan bahwa film kali ini sedikit berbeda.

“Ada satu point of view yang menarik yang membedakan dengan film terdahulu yang pernah saya bikin (Assalamualaikum Beijing yang juga diadaptasi dari novel Asma Nadia, red). Setelah saya gali ternyata ini kisah personalnya Asma Nadia juga. Lucu juga nih. Cerita dari mulai dia kecil hinga dewasa. Menarik bagaimana proses pengembangan karakternya akhirnya menjadi karakter Rania yang bisa ke 60 negara dan 310 kota,” papar Guntur saat ditemui Muvila usai acara konferensi pers pada Rabu pekan lalu.

Meski dikisahkan Rania mampu mengunjungi 60 negara dan 310 kota, namun film ini tidak menggambarkan seluruh negara yang disebutkan dalam novel. Hanya satu negara yang dipilih, yakni Korea Selatan sebagai negara yang akan jadi fokus perjalanan tokoh Rania (Bunga Citra Lestari) dalam film produksi Rapi Films ini.

“Ternyata Asma punya pengalaman yang sangat menarik di Korea Selatan. Ya udah kita berangkat dari situ. Meski ada beberapa footage di beberapa negara lain, tapi film ini kita titik pusatkan di Korea,” ungkap sutradara yang juga menggarap film Dreams ini.

Untuk syuting di Korea Selatan pun, Guntur memilih kota berbeda dengan latar yang dikisahkan dalam novel. Film ini memilih lokasi syuting di Provinsi Gangwon-do, daerah perbatasan Korea Selatan dan Utara. Pemilihan kota ini bukan hanya karena punya kerja sama dengan rumah produksi Rapi Films, tapi daerah ini juga dipilih karena dianggap sebagai tempat paling indah di Korea. “Snow fall pertama kita dapat di situ,” imbuhnya.

Selain di Korea Selatan, Guntur juga memilih Kawah Ijen sebagai salah satu lokasi syuting lain. Menurut sutradara Where Is My Romeo ini, Kawah Ijen merupakan salah satu tempat eksotis yang ada di Indonesia.

“Kawah Ijen sendiri memang nggak ada di bukunya tapi saya bilang saya capek syuting di luar negeri terus, kalau mau eksplor di dalam negeri aja. Tadinya mau Nepal tapi waktu itu tapi ada gempa. Kawah Ijen itu menurut saya sangat eksotis ya. Saya dari dulu memang ingin syuting di sana,” bebernya.

Jilbab Traveler Love Sparks in Korea mengisahkan tentang Rania, seorang perempuan berhijab yang memiliki hobi travelling. Ia bertemu dengan Hyun Geun (Morgan Oey) saat mengunjungi salah satu tempat wisata. Pertemuan mereka rupanya meninggalkan kesan mendalam. Namun, situasi Rania dan Hyun Geun tidak memungkinkan untuk mereka bersatu karena keduanya telah memiliki pasangan.

Film ini juga dibintangi oleh suami-istri Indra Bekti dan Aldila Jelita, aktris senior Dewi Yull, Giring Ganesha, Ringgo Agus Rahman, Tasya Medina (kakak Zaskia Adya Mecca) dan melibatkan beberapa pemain asal Korea. Sementara itu, soundtrack film Jilbab Traveler Love Sparks in Korea diisi oleh BCL feat Melly Goeslaw dengan lagu berjudul “Aku Bisa Apa”. Film ini dijadwalkan tayang pada liburan Lebaran mendatang. Muvilaz, tonton trailer film tersebut di sini.

Foto: Ivan Marlianto

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News