1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Kesuksesan ‘Pengabdi Setan’ yang Membuat Joko Anwar Tertawa Lepas

Tim Editor | 15 November 2017 07:00
Copyright: © twitter.com/jokoanwar
Dalam kurun waktu sekitar 2 bulan, Pengabdi Setan menjadi film Indonesia terlaris pada 2017

Muvila.com – Penulis: Iwan Tantomi

Rasanya kengerian pasca melihat Pengabdi Setan masih melekat di tengkuk leher. Film yang merupakan remake dari film dengan judul yang sama tersebut, sukses menghadirkan horror yang membikin bulu kuduk merinding. Tak heran, jika satu per satu masyarakat dibikin penasaran untuk berbondong-bondong pergi ke bioskop sekadar melihat ‘Ibu’.

Benar saja, dalam kurun waktu sekitar 2 bulan, Pengabdi Setan menjadi film Indonesia terlaris pada 2017. Total ada 4.141.090 penonton yang melihat langsung Sang Ibu di bioskop. Kesuksesan ini pun membuat Joko Anwar, sineas di balik film ini tertawa lepas.

Pasalnya, perolehan angka penonton fantastis tersebut mampu menggeser rekor film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2 sejumlah 4.083.190. Kehadiran film Pengabdi Setan ini pun dinilai banyak pihak sebagai babak baru wajah film horor Indonesia. Ini karena selama ini citra film horor besutan sutradara lokal acap menampilkan adegan seksi hingga menjurus ke erotis. Namun, Pengabdi Setan berbeda. Film ini mampu menyuguhkan kualitas, sebagaimana film horor ‘cerdas’ masa kini besutan luar negeri, seperti Hollywood.

© kapanlagi.com/Bayu Herdinanto

Kesuksesan film Pengabdi Setan semakin membuat Joko Anwar puas, lantaran mampu menggondol Piala Citra pada ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2017. Bukan hanya satu, melainkan tujuh piala sekaligus. Sekali lagi ini menjadi bukti jika film horor Indonesia memang sudah kembali ke tempatnya yang lebih terhormat. Joko Anwar pun menyebut jika hal tersebut sesuai dengan ekspektasinya. “Ini berarti tujuan kami tercapai,” pungkasnya.

Meski begitu, bioskop tetaplah ladang bisnis, Pengabdi Setan tak bisa terus-terusnya pasang layar, mengingat film-film baru sudah menunggu giliran. Secara resmi, Joko Anwar pun menyatakan pamitnya lewat cuitan di akun Twitter miliknya.

“Waktu untuk Pamit… #PengabdiSetan,” begitu bunyi tweet Joko Anwar. Dalam unggahan tweet-nya yang lain, ia juga menegaskan sekaligus memohon maaf kepada masyarakat bila Pengabdi Setan di Indonesia tidak akan merilis DVD. Salah satu alasannya untuk menghindari pembajakan.

© twitter.com/jokoanwar

“Pengabdi Setan di Indonesia tidak akan rilis dalam bentuk DVD. Karena pasti akan langsung dibajak. Maaf ya, teman-teman,” ungkap Joko Anwar dalam akun twitter-nya.

Lantas, apakah film yang diadaptasi dari film Pengabdi Setan tahun 1980-an, bakal kembali dibikin sekuelnya? Joko Anwar masih belum bisa memastikan. Namun, produser eksekutif film ini, Gope T. Samtani mengungkapkan kemungkinan adanya sekuel untuk film Pengabdi Setan. “Sekuel ada cuma enggak dalam waktu dekat. Paling tahun depan,” ungkap Gope.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News