1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Lihat Foto Dian Sastro sebagai Kartini Bersama Kedua Adiknya

Reino Ezra | 14 Juni 2016 11:00
Film Kartini arahan Hanung Bramantyo telah melengkapi pemeran adik-adik sang pejuang emansipasi perempuan.

Muvila.com – Meski target tayang aslinya sudah terlewat, yaitu April 2016, proyek film Kartini dari Legacy Pictures masih diteruskan dan kini telah masuk proses praproduksi. Sejak jauh-jauh hari, film garapan Hanung Bramantyo ini telah menetapkan Dian Sastrowardoyo sebagai Raden Ajeng Kartini. Dan, seperti yang diberitakan beberapa bulan lalu, Acha Septriasa juga telah bergabung di film ini sebagai Rukmini, salah satu adik Kartini.

Kini, pihak sutradara dan produser film ini telah mengumumkan satu lagi pemeran adik Kartini, Kardinah, yang juga merupakan aktris ternama. Dari unggahan di media sosial produser Robert Ronny, peran ini akhirnya jatuh kepada aktris nomine FFI dan bintang Bukan Bintang Biasa, Ayushita Nugraha.

Rukmini dan Kardinah memang tercatat sebagai sosok-sosok yang mendukung perjuangan Kartini untuk pendidikan kaum pribumi di Jepara, Jawa Tengah di masa kolonial Belanda, terutama dalam menjalankan sekolah yang dicetuskan Kartini.

 

Dian Sastro, Acha Septriasa, Ayushita sebagai Kartini, Roekmini dan Kardinah #FilmKartini

Foto kiriman Robert Ronny (@robertronny) pada

 

Proyek film Kartini pertama kali diumumkan pada April 2015, dan semula akan jadi proyek kedua dari Legacy Pictures setelah Kapan Kawin? (2015). Sejak awal, film ini telah menggandeng Dian sebagai Kartini dengan Hanung sebagai sutradara, serta Dirmawan Hatta sebagai penulis skenarionya. Namun, proyek ini akhirnya tertunda, sehingga Dian kemudian lanjut mengerjakan film Ada Apa dengan Cinta? 2—yang juga didukung Legacy. Demikian pula Hanung kemudian menggarap Talak 3 (2016) dan berlanjut dengan Rudy Habibie yang akan tayang Lebaran ini. Dalam periode tersebut Legacy juga menuntaskan produksi dari film misteri supranatural, Firegate garapan Rizal Mantovani.

Pada tahun ini proyek Kartini akhirnya diteruskan dan masih melibatkan pihak-pihak yang telah diumumkan sejak semula. Berdasarkan unggahan Hanung di media sosialnya, film Kartini saat ini telah melewati proses tes kamera dan masuk dalam proses reading skenario. Tetapi, belum diumumkan secara resmi jadwal syuting film ini atau perilisannya di bioskop.

 

Film ini tercatat sebagai film kedua yang mengangkat sosok Kartini ke layar lebar di era milenium. Bulan April lalu, MNC Pictures telah merilis film Surat Cinta untuk Kartini garapan Azhar Kinoi Lubis, dengan bintang Chicco Jerikho serta Rania Putrisari sebagai Kartini. Film tersebut merupakan kisah fiksi yang dikaitkan dengan perjuangan Kartini, sementara film Kartini versi Legacy merupakan drama biografi.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News