1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Mantan Juara Tinju Dunia Muhammad Ali Wafat, Ini Film-filmnya

Muhammad Rizal Fikri | 4 Juni 2016 16:00
Gangguan pernapasan akibat komplikasi penyakit Parkinson disebut sebagai penyebab Muhammad Ali meninggal dunia.
Copyright: Chris Smith—Popperfoto/Getty Images via Times.com

Muvila.com – Dunia kembali berduka. Petinju legendaris dunia Muhammad Ali telah menghembuskan napas terakhirnya. Muhammad Ali meninggal dunia di usia 74 tahun di sebuah rumah sakit di Phoenix, Amerika Serikat. Seperti dilaporkan ESPN, juru bicara keluarga almarhum mengkonfirmasi hal ini pada Jumat malam waktu setempat.

Muhammad Ali telah masuk rumah sakit sejak Selasa lalu karena mengalami gangguan pernapasan. Kondisi ini disebut-sebut sebagai komplikasi dari penyakit Parkinson yang telah bertahun-tahun diderita Ali. Jenazah mantan juara tinju kelas berat ini akan dimakamkam di kampung halamannya Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

Muhammad Ali pernah menjadi juara tinju dunia kelas berat sebanyak tiga kali. Lahir pada 17 Januari 1942, Ali memulai karier di dunia tinju pada usia 12 tahun. Mendaki kesuksesan dari bawah di usia 22 tahun, Ali berhasil menjadi juara dunia tinju kelas beras setelah mengalahkan Sonny Liston. Ia pensiun di tahun 1981, dan sepanjang karier tinjunya, Ali hanya pernah merasakan kekalahan sebanyak 5 kali.

Kisah dan sikap selama hidupnya dianggap telah menginspirasi banyak orang. Oleh karena itu, sosok Muhammad Ali pernah diangkat menjadi beberapa film, yang setiap filmnya mengangkat salah satu momen menginspirasi dari Muhammad Ali. Dari film-film tersebut. ada pula yang dibintangi sendiri oleh Ali. Apa saja filmnya? Simak mulai halaman selanjutnya.



The Fighters (1974)

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News