1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

One Way Trip, Senang dan Susah Bersama

Reino Ezra | 15 Juni 2016 10:30
Empat remaja sekawan diuji dalam sebuah kasus di film garapan Choi Jung-yeol ini.

Muvila.com – Film Korea ini dibuka dengan empat orang remaja dikejar-kejar oleh polisi di suatu malam, sampai suatu titik keempatnya memutuskan untuk berpencar. Akan tetapi, tak lama salah satu dari mereka jadi korban tabrak lari. Yang jadi korban tabrak lari itu bernama Sang-woo (Kim Jun-myeon alias Suho dari boyband EXO), dan oleh pihak berwajib ia dibawa ke rumah sakit untuk dioperasi. Di saat yang sama, ketiga kawannya yang lain jadi tertangkap oleh polisi.

Kisah pun beralih ke beberapa jam sebelum kejadian tersebut. Empat pemuda bersahabat yang masih berusia 18 tahun itu, termasuk Sang-woo, memutuskan melakukan perjalanan ke kota pelabuhan Pohang. Perjalanan ini nekat mereka lakukan tanpa izin orang tua masing-masing. Yong-bi (Ji Soo) jadi sang pentolan yang menyetir mobil van untuk mereka. Ji-gong (Ryu Jun-yeol) ikut dengan cara kabur dari ibunya yang 'mengurungnya' di rumah demi belajar untuk tes universitas. Keduanya kemudian membawa kabur Doo-man (Kim Hee-chan) yang sedang berlatih baseball di kampusnya.

Terakhir mereka mengangkut Sang-woo, yang telah telah memutuskan mendaftarkan diri untuk masuk wajib militer, namun belum berani mengatakannya pada sang nenek (Lee Joo-sil). Bersama-sama mereka pergi jalan-jalan dan bersenang-senang di Pohang, sebagai semacam perpisahan dengan Sang-woo yang akan masuk ke militer keesokan harinya. Dalam perjalanan ini pula, mereka saling mengungkapkan kegelisahan masing-masing tentang jalan hidup yang harus mereka pilih di usia yang krusial seperti ini.

Namun, malam harinya sebuah kejadian kriminal tak terduga harus membuyarkan liburan mereka. Sesuatu yang awalnya hanya iseng berbuntut panjang, menyeret mereka berurusan dengan pihak berwajib hingga seorang selebriti lokal, yang kemudian akan mengubah hubungan persahabatan mereka untuk selama-lamanya.

Dibungkus dalam genre drama, film One Way Trip—atau dalam versi Koreanya disebut Glory Day—merupakan debut film panjang dari sutradara dan penulis Choi Jung-yeol. Meski masih terbilang baru, Choi Jung-yeol sebelumnya pernah meraih prestasi di beberapa festival.

Lewat film pendeknya, The Unbearable Heaviness of Nagging, ia raih gelar Best Short Film di salah satu penghargaan film bergengsi di Korea, Blue Dragon Film Awards tahun 2008. One Way Trip sendiri diputar perdana di Busan International Film Festival pada Oktober 2015, sebelum dirilis secara luas oleh CJ Entertainment pada tahun 2016 ini.

Untuk film ini, Choi Jung-yeol merekrut empat aktor yang terbilang muda dan masih belum terlalu lama terjun di bidang akting, baik di film maupun serial drama di TV. Salah satu yang mungkin menarik perhatian bagi peminat budaya pop Korea adalah kehadiran Suho dari EXO sebagai Sang-woo, yang menjadikan film ini debutnya di layar lebar. Tak hanya itu, film ini juga menampilkan Kim Dong-wan, yang dikenal sebagai salah satu personel boyband Shinhwa, yang turut berperan sebagai Yong Bi-hyeong, kakak dari tokoh Yong-bi.

Film One Way Trip juga ditayangkan di bioskop Indonesia mulai 15 Juni ini. Tonton trailer-nya di bawah ini.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News