1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Puluhan Juta Dolar AS Ludes demi Ajang Piala Oscar

Mia Vita Della | 2 Maret 2016 12:30
Copyright: harrington
Tas beserta isinya untuk para nomine Oscar seharga 200 ribu dolar AS atau setara Rp 2,6 miliar.

Muvila.com – Ajang Piala Oscar merupakan ajang penghargaan film yang paling prestisius sekaligus termahal di Amerika Serikat. Bagaimana tidak, berdasarkan penyataan bagian keuangan Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), gelaran Oscars tahun 2015, seperti acara pengumuman nominasi, acara makan bersama nomine, dan sebagainya, telah menghabiskan biaya sekitar 42,7 juta dolar AS.

Jumlah tersebut lebih besar dibandingkan pengeluaran Oscars 2014 yang mencapai 41,9 juta dolar AS. Sedangkan pengeluaran Oscars 2016 semakin membengkak. Menurut laporan CBS, Piala Oscar tahun lalu masih terbuat dari timah dan disepuh dengan emas 24 karat. Ongkos pembuatannya sekitar 400 dolar AS setiap piala. Tetapi tahun ini, Piala Oscar dibuat dari perunggu berlapis emas 24 karat. Dan, perlu diketahui bahwa harga perunggu ternyata dua kali lebih tinggi daripada harga timah.

Belum lagi amplop nominasi Piala Oscar karya desainer Marc Friedland yang harganya sekitar 200 dolar AS per buah. Biaya besar lainnya juga dikeluarkan untuk meminjam Dolby Theater beberapa minggu sebelum perhelatan untuk memasang dekorasi dan karpet merah sepanjang 152,4 meter. Ada pula upah para pengisi acara, pemandu acara, petugas keamanan dan produser acara Oscars besarnya berbeda-beda.

Namun, jumlah pengeluaran yang paling mencolok dalam ajang Piala Oscar tahun ini adalah harga tas bingkisan beserta isinya untuk para nomine kategori utama yang nilainya mencapai 200 ribu dolar AS atau setara Rp 2,6 miliar. Isi tas itu, yakni hadiah perjalanan ke Jepang dan permen Hydroxycut, pun sempat menjadi bahan perdebatan.

Walau begitu, besarnya biaya perhelatan Oscars ini bisa tertutupi melalui pemasukan iklan dan tiket. Berdasarkan laporan New York Post, pengunjung harus membayar tiket untuk menyaksikan langsung ajang Oscars. Untuk harga tiket tempat duduk terbaik, Mezzanine 1, sekitar 720 dolar AS. Kemudian, tempat duduk terbaik kedua dihargai 375 dolar AS,sedangkan yang paling buruk dijual dengan harga 250 dolar AS.

Sedangkan pemasukan dari iklan televisi tahun ini diprediksi lebih besar dari tahun sebelumnya. Pasalnya, stasiun televisi ABC, yang menyiarkan Oscars, mematok harga sangat tinggi untuk slot iklan selama acara berlangsung. Mengutip Time, untuk iklan berdurasi 30 detik saja, pengiklan harus membayar sekitar 2,2 juta dolar AS. 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News