1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Piala Maya 2015 Usung Tema "Imajinasia"

Reino Ezra | 1 September 2015 10:00
Ajang Piala Maya 2015 dimulai dengan buka pendaftaran film pendek, animasi, dokumenter, film daerah, dan kritik film.

Muvila.com – Pada tahun 2012, ajang Piala Maya pertama kali diadakan untuk mengapresiasi pencapaian di bidang film Indonesia. Dideskripsikan sebagai "apresiasi nyata dari dunia maya untuk film Indonesia", ajang ini memberi penghargaan untuk karya dan individu film Indonesia, yang penilaiannya dilakukan lewat online, diinisiasi oleh komunitas @FILM_IndonesiaPada 19 Desember 2015 nanti, Piala Maya akan kembali diselenggarakan untuk keempat kalinya, bekerja sama dengan SAE Institute dan Kineria.com, dan mengangkat tema "Imajinasia".

"Setiap orang punya imajinasi, dan film adalah salah satu media yang memberikan rangsangan untuk berimajinasi. Dan, dari apa yang diimajinasikan bisa melahirkan karya yang baru," jelas Hafiz Husni, pendiri dan Festival Director Piala Maya dalam acara kick-off Piala Maya 2015 di SAE Institute, Jakarta, 29 Agustus lalu.

"Satu benang merah dalam Piala Maya kali ini adalah kita akan tanyakan ke pihak-pihak yang terlibat, adalah film Indonesia apa yang pada waktu kecil ditonton yang memengaruhi imajinasinya hingga sekarang. Bagaimana eksekusinya, tunggu dalam rangkaian acara kami selanjutnya," ungkap Hafiz lagi.

Sebagaimana pada tahun-tahun sebelumnya, Piala Maya tahun ini akan memberikan penghargaan di berbagai kategori film, berdasarkan penilaian dari dewan juri—disebut sebagai Komite Pemilih—dengan latar belakang dan profesi berbeda-beda. Mulai dari praktisi perfilman, jurnalis, seniman, akademisi, ilmuwan, desainer, dan lain-lain, dengan total 350 orang untuk tahun ini.

Dalam acara kick-off Piala Maya 2015 ini, turut hadir aktris senior Niniek L. Karim, yang juga jadi salah satu Komite Pemilih Piala Maya, dan aktor Arifin Putra, yang meraih Piala Maya kategori Aktor Peran Pendukung tahun 2014 lewat The Raid 2: Berandal. Kedua pemeran lintas generasi ini mengatakan mendukung penyelenggaraan Piala Maya sebagai salah satu ajang untuk lebih menggerakkan perfilman Indonesia.

Niniek pun menekankan bahwa ia mengapresiasi Piala Maya yang diselenggarakan bukan dari pelaku perfilman. "Menurut saya ini kegiatan nirlaba yang luar biasa. Dari spiritnya juga luar biasa. Mereka ingin berbuat sesuatu buat film Indonesia," ujar Niniek.

Tahun ini kategori yang dilombakan sebanyak 25 kategori, ditambah satu penghargaan khusus, untuk film-film Indonesia yang dirilis dari akhir November 2014 hingga November 2015. Penyelenggara Piala Maya akan mengumumkan nominasi finalnya pada 1 Desember 2015. Piala Maya juga telah membuka pendaftaran untuk kategori-kategori non-bioskop, yaitu Film Pendek, Film Animasi, Film Dokumenter, Film Daerah, dan Kritik Film Terpilih, sejak 17 Agustus dan akan ditutup pada 10 November mendatang.

Sebelum acara penghargaan, penyelenggara Piala Maya juga telah menyiapkan berbagai acara pendukung. Di antaranya roadshow ke kampus dan sekolah, juga Pekan Film, bekerja sama dengan lembaga pendidikan SAE Institute.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News