1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Tonton Film-film Alternatif dari Lima Tema Berbeda di Kinosaurus

Muhammad Rizal Fikri | 5 Februari 2016 18:00
Ada lima tema utama yang akan menjadi unggulan dalam pemutaran film-film di Kinosaurus.

Muvila.com – Sebagai program mikrosinema, Kinosaurus kembali merespon kebutuhan para penggemar film untuk menonton film di luar bioskop. Bulan Februari ini, Kinosaurus menggelar program pemutaran film reguler dengan beberapa tema khusus. Pemutaran reguler ini akan digelar setiap Jum'at, Sabtu, dan Minggu pukul 19.00 WIB, bertempat di Kinosaurus, Jalan Kemang Raya (belakang Toko Buku Aksara).

Program reguler Kinosaurus ini terdiri dari lima tema utama, yaitu Classic Indonesiana. Seperti judulnya, program ini akan memutarkan film klasik Indonesia, yaitu Wajah Seorang Pembunuh (M. Shariefudin, 1972) dan Tujuh Manusia Harimau (Imam Tantowi, 1986). Kedua film tersebut akan diputar beberapa kali, yakni pada 5 dan 28 Februari untuk Wajah Seorang Pembunuh. Kemudian 14 dan 19 Februari untuk Tujuh Manusia Harimau.

Tema kedua adalah Love at First Sight: Early Works dengan memutarkan tiga film. Film pertama adalah Mauvais Sang dari Prancis yang disutradarai oleh Leos Carax dan dirilis tahun 1986. Film yang menggabungkan genre film noir dan unsur fiksi ilmiah ini menceritakan tentang keanehan dan sebuah virus mematikan.

Film kedua dalam tema ini masih dari Prancis, yaitu Grand Central (2013) yang disutradarai Rebecca Zlotowski dan dibintangi oleh Lea Seydoux. Grand Central menceritakan tentang pemuda yang bekerja di areal pembangkit tenaga nuklir. Ia lalu menyadari risiko radiasi pekerjaannya, tapi kondisi bertambah rumit saat ia jatuh cinta dengan atasannya.

Tema Love at First Sight: Early Works juga memasukkan satu film Indonesia, Babi Buta Yang Ingin Terbang, arahan Edwin yang dirilis tahun 2008. Film ini mengisahkan kehidupan Linda dan orang-orang di sekitarnya. Masing-masing karakter memiliki agenda pribadi. Film ini akan menggambarkan bahwa hidup tak selalui berjalan sesuai rencana.

Tema ketiga adalah Spotlight on Teddy Soeriaatmadja, yakni rangkaian pemutaran film-film karya sutradara Teddy Soeriaatmadja. Tiga film karya Teddy, antara lain About a Woman, Lovely Man dan Something in the Way, akan diputar beberapa kali oleh Kinosaurus pada Februari ini.

Tema keempat adalah Kinodocs, yakni rangkaian pemutaran yang berfokus pada film-film dokumenter. Dua film dokumenter akan meramaikan tema ini. Salah satunya adalah film kontroversial karya Joshua Openheimer, Senyap atau The Look of Silence, yang memperlihatkan bagaimana keluarga korban pembunuhan massal tahun 1965 merespon peristiwa keji tersebut. Film ini masuk nominasi Film Dokumenter Terbaik Oscars tahun ini.

Tema kelima adalah Spotlight on Mads Mikkelsen. Kinosaurus akan menampilkan tiga film yang dibintangi oleh aktor Denmark bernama Mads Mikkelsen. Film-film yang akan diputar dalam tema ini adalah Valhalla Rising (2009), The Hunt (2013), dan A Royal Affairs (2012).

Setiap tema di atas tidak diputar dalam satu sesi saja, tapi beberapa film akan diputar lebih dari satu kali dengan jadwal yang sudah ditentukan oleh Kinosaurus. Bagi Muvilaz yang ingin mengisi setiap akhir minggu selama Februari ini dengan tontonan film alternatif, simak jadwal lengkapnya di halaman selanjutnya, atau kunjungi website Kinosaurus.Jakarta.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News