1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Riri Riza: AADC 1 Bisa Menunggu Sampai Saya Pulang

Reino Ezra | 21 Maret 2016 14:00
Sutradara AADC 2 Riri Riza tegaskan bahwa AADC pertama sudah tepat disutradarai Rudi Soedjarwo dalam video Muvila Roundtable.

Muvila.com – Rumah produksi Miles Films tak lepas dari sepak terjang dua motornya, Mira Lesmana dan Riri Riza. Tentu saja keterlibatan mereka juga besar di film drama remaja fenomenal keluaran Miles, Ada Apa dengan Cinta? atau AADC (2002) yang disutradarai Rudi Soedjarwo. Dalam film tersebut, Mira dan Riri tercantum sebagai produser dan penulis cerita. Namun, Rudi sendiri pernah menyebutkan bahwa seharusnya AADC juga disutradarai langsung oleh Riri, seandainya ia tak sedang menyelesaikan studi ke Inggris.

Mengenai hal itu, Riri akhirnya memberikan klarifikasi di Muvila Roundtable with AADC. Riri menjelaskan bahwa memang sejak awal AADC tidak disiapkan untuk disutradarai langsung oleh dirinya. Penunjukkan Rudi sebagai sutradara AADC pun melalui proses yang matang, apalagi keduanya sudah kenal sejak SMA, serta memiliki kesamaan selera dalam hal film. Ditambah lagi gaya penyutradaraan Rudi dianggap sangat cocok dengan cerita AADC, membuat Riri dan Mira menjadikan Rudi pada waku itu satu-satunya calon untuk menyutradarai film yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra itu.

"Dia juga datang dari background yang berbeda dengan circle kita—maksudnya dia bukan lulusan IKJ misalnya, dia bukan anak film yang umum, dia bergerilya membuat karyanya dengan sangat menarik. Terus cerdas banget, sangat fokus pada emosi, AADC itu tentang itu," jelas Riri.

Berdasarkan itu pula, Riri anggap kurang tepat juga bahwa Rudi disebut-sebut menggantikan dirinya di posisi sutradara AADC. Sejak awal memang diketahui bahwa jadwal produksi AADC akan berbenturan dengan Riri mengambil program Master Penulisan Skenario di Royal Holloway, University of London di tahun 2001. Riri pun menyatakan produksi AADC bisa saja menunggu kepulangan dirinya, toh kepergiannya hanya sekitar satu tahun. Namun, langkah itu tidak diambil.

"Sebenarnya kalau mestinya saya, film ini bisa menunggu sampai saya pulang. Tapi, waktu itu udah ketetapan, Rudi itu orang yang paling tepat," tegas sutradara film Petualangan Sherina, Gie, dan Laskar Pelangi ini.

Kini, Riri akhirnya menangani langsung Ada Apa dengan Cinta? 2 sebagai sutradara. Jika AADC pertama lebih menyorot kehidupan dan kisah cinta remaja, maka AADC 2 akan mengangkat kisah karakter-karakternya 14 tahun kemudian. Film ini sendiri dijadwalkan rilis di bioskop Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam mulai 28 April mendatang. Simak penuturan lengkap Riri dalam video Muvila Roundtable with AADC supported by Magnum episode 2 di bawah ini.

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News