1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Severus Snape - Princess Leia, Duka di Awal dan Akhir Tahun

Tim Editor | 4 Januari 2017 16:54
Awal dan akhir tahun 2016 ini membawa duka mendalam. Dua aktor legendaris perfilman dunia meninggal dunia.

Muvila.com – Penulis: Dewi Ratnaningtyas

Siapa tak kenal Severus Snape? Para fans militan Harry Potter tentu sangat paham, Sosok kepala sekolah pengganti Albus Dumbledore, berhidung bengkok dengan rambut hitamnya yang klimis itu diperankan oleh Alan Rickman. Sejak pertama kali buku karangan JK Rowling diadaptasi jadi film pada 2001 hingga sekuel terakhirnya di 2011, tokoh satu ini memang sudah identik dengan aktor Inggris.

Membuka tahun 2016, tutup usia di angka 69 pada 14 Januari, pria kelahiran London, 21 Februari 1946 ini tentu bikin dunia berduka. Dia tentu meninggalkan banyak sekali kenangan bagi Potterheads. Sempat meragukan pada siapa sesungguhnya kesetian sosok Severus Snape ini dijatuhkan, pada akhirnya dunia mencintainya, karena kenyataannya dia sangat menghormati Dumbledore, yang dibunuhnya sendiri dengan mantra Avada Kedavra.

Alan Rickman harus berpulang setelah berjuang melawan kanker yang diidapnya, setahun setelah menikahi sahabat dan teman hidupnya selama 50 tahun, Rima Horton. Kisah cinta mereka bahkan lebih manis ketimbang puluhan judul film yang pernah dibintangi pria ini. Sejoli ini pertama kali berjumpa saat Rickman berusia 19, dan Rima 18 tahun. Mereka lalu memutuskan untuk hidup bersama di London sejak 1977.

Rima sendiri berprofesi sebagai anggota dewan Partai Buruh untuk Kensington dan Chelsea London Borough Council sejak 1986 hingga 2006. Wanita ini juga bekerja di Kingston University sebagai dosen ekonomi. Bisa bayangkan, 50 tahun hidup bersama tanpa ikatan pernikahan? Namun keduanya seperti peduli setan soal status. Mereka tetap tampil mesra di hadapan publik dan menjalani hubungan yang baik-baik saja.

Pada HELLO! magazine Rickman sendiri pernah mengungkapkan bahwa Rima adalah wanita yang sangat sabar. "Dia toleran. Dia sangat toleran. Luar biasa toleran. Mungkin calon orang-orang kudus," ungkapnya.

Menutup tahun Monyet Api, giliran para penggemar Star Wars di dunia yang harus bercucuran air mata. Pemeran dari salah satu sosok fenomenal dalam film ini, Princess Leia Organa, tutup usia di angka 60 tahun karena gagal jantung. Carrie Fisher dilaporkan berhenti bernafas dalam penerbangannya dari London ke Los Angeles pada 23 Desember 2016. Empat hari kemudian, wanita yang dicintai banyak orang ini berpulang.

Langit mungkin ikut berduka atas kematian Puteri Planet Alderaan tersebut. Sosok ini memang jadi bagian tak terpisahkan dari kisah perang antar galaksi, Star Wars sejak 1977. Si pirang yang biasa tampil dengan cepol di kanan dan kiri kepala ini akhirnya jadi bagian penting dalam kelompok Resistance, sebagai seorang jenderal. Dalam aksinya 2015 lalu, Fisher memerankan seorang Leia yang lelah bertarung dan sedikit patah hati.

Tentang kematian aktris cantik ini, tentu saja putrinya yang paling merasa terpukul. Namun ada sosok penting yang rupanya lebih patah hati, ibunya yang juga seorang aktris, Debbie Reynolds. Belum kelar kesedihan Billie Lourds atas kepergian ibunya, ia harus kembali berduka karena tepat sehari setelahnya, neneknya pun menyusul tutup usia. Tak dapat berkata-kata, ia mewakilkan semua pada juru bicara.

Kematian memang tak ada yang tahu kapan datangnya. Alan Rickman dan Carrie Fisher akan selalu dikenang di jagad perfilman dunia. Sosok mereka pun masih akan digemari, bahkan oleh generasi satu dekade ke depan, dan mungkin juga ke depannya lagi. Harry Potter dan Star Wars memang dua kisah panjang tak lekang waktu yang pasti bakal selalu jadi favorit banyak orang. Well, thank you Severus Snape and Princess Leia!

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News