1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Sokola Rimba Bikin Penonton Jepang Menangis

Angga Rulianto | 22 September 2014 18:30
Film Sokola Rimba karya Riri Riza yang diproduseri Mira Lesmana meraih Audience Award dari Fukuoka International Film Festival 2014.

Muvila.com – Film Sokola Rimba karya Riri Riza berhasil merebut hati penonton di Jepang sehingga meraih Audience Award dari Focus on Asia-Fukuoka International Film Festival 2014 pada 17 September lalu. Sejak Audience Award diadakan perdana pada tahun 2006 oleh Fukuoka International Film Festival, Sokola Rimba menjadi film Indonesia pertama yang meraih penghargaan itu.

“Sungguh suatu kehormatan untuk mendapatkan apresiasi tinggi dari penonton langsung seperti ini. Sangat istimewa, karena ini yang pertama kalinya juga untuk saya setelah hampir setiap tahun sejak tahun 2006 film-film yang saya sutradarai tayang di Fukuoka International Film Festival,” ujar Riri Riza.

Menurut Gunnar Nimpuno, sinematografer Sokola Rimba yang menghadiri Fukuoka International Film Festival, para penonton terlihat antusias dan tidak sedikit yang menangis. Mereka juga menanyakan berbagai hal seputar cerita dan pembuatan film Sokola Rimba. "Banyak di antara mereka terpukau dengan kenyataan bahwa para pemeran dan pembuat film ini betul-betul tinggal di hutan selama tiga minggu penuh untuk pembuatannya," ujar Gunnar.

Kali ini, film Atambua 39⁰ Celcius bikinan Riri Riza bersama Sang Penari karya Ifa Isfansyah dan Something In The Way karya Teddy Soeriaatmadja juga lolos seleksi untuk diputar di Fukuoka International Film Festival. Sedangkan pada tahun 2014, hanya film Sokola Rimba yang mewakili Indonesia untuk bersanding bersama 39 film dari 18 negara lain di festival film berusia 23 tahun ini.

Fukuoka International Film Festival telah mengajak puluhan ribu pengunjungnya untuk menonton film-film dari banyak negara. Antara lain, Little Brother (Serik Aprymov, 2013) yang telah memenangkan penghargaan di Santa Barbara International Film Festival dan Tiburon International Film Festival. Ada pula Blind Massage karya Lou Ye yang diganjar Silver Berlin Bear Award for Outstanding Artistic Contribution for Camera di Berlin International Film Festival.

Film Sokola Rimba diproduseri Mira Lesmana dari Miles Films yang dirilis di berbagai bioskop Indonesia pada November 2013. Kisahnya diadaptasi dari jurnal Butet Manurung, seorang guru dan fasilitator pendidikan untuk Orang Rimba (masyarakat pribumi yang bermukim di dalam hutan Taman Nasional Bukit Duabelas, Sumatera).

Sebelumya, Sokola Rimba telah meraih sederet penghargaan, seperti Best Feature Film dari Piala Maya 2014, Best Script Writer untuk Riri Riza dari CINEMAGS Readers Choice Award–2014, serta Most Favourite Actress untuk Prisia Nasution dan Best Child Actor untuk Nengkabau dari RCTI-Indonesia Movie Awards 2014.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News