1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Sokola Rimba Bukanlah Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi

Angga Rulianto | 25 November 2013 14:31
Film Sokola Rimba tekankan maksud pendidikan yang berbeda dengan Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi. Prisia Nasution jadi pemeran tokoh utamanya, Butet Manurung.

Nyali Mira Lesmana langsung ciut begitu mendengar cerita seram Butet Manurung soal banyaknya pacet (sejenis lintah, red) di hutan Taman Nasional Bukit Duabelas, Jambi. Produser film yang tenar dengan film-film box office, seperti Petualangan Sherina, Ada Apa Dengan Cinta?, Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi, ini sudah membayangkan akan disedot darahnya oleh pacet. Dia pun batal ikut pergi bareng rekannya, Riri Riza, untuk survei pertama film Sokola Rimba pada November tahun lalu.

Tahu Mira batal ikut untuk bertemu langsung dengan Suku Kubu atau Suku Anak Dalam alias Orang Rimba yang hidup nomaden di hutan Bukit Duabelas, Riri langsung protes. Soalnya, dua sohib serta duet produser dan sutradara ini selalu pergi bersama-sama jika Miles Films memproduksi film, mulai dari tahap persiapan sampai pasca produksi. Sambil tertawa, Mira meminta rekannya itu untuk mengecek soal kebenaran cerita Butet, "Lo cek dulu deh keadaan pacet di sana."

Riri Riza ketika mengarahkan Prisia Nasution dalam Sokola Rimba.

Tapi sekembalinya dari Taman Nasional Bukit Duabelas, Riri bilang keadaan aman-aman saja. Tak ada pacet yang mengganggu. Barulah ketika syuting Sokola Rimba selama dua minggu lebih pada Juni sampai awal Juli lalu, Mira digigit pacet sampai tiga kali. Justru Riri yang tak pernah kena. "Saya nggak kena, dilindungi sama dewa-dewa Orang Rimba hehe," ucap sutradara Sokola Rimba itu.

Sokola Rimba merupakan film fiksi panjang kesembilan yang digarap oleh duet produser-sutradara, Riri Riza dan Mira Lesmana. Inspirasi cerita film Sokola Rimba sendiri tidaklah murni keluar dari benak Riri, yang menulis skenarionya, tapi bersumber dari buku berjudul sama karangan Butet Manurung. Buku tersebut mengisahkah pengalaman Butet selama mengajar anak-anak Orang Rimba di hutan Bukit Duabelas. Oleh Riri, materi cerita itu pun diadaptasi supaya dapat divisualisasikan ke layar lebar dengan menyusupkan beberapa bumbu fiksi.

Riri Riza memakai anak-anak asli dari Suku Kubu atau Orang Rimba yang memerankan diri mereka sendiri.

 

--Video klip OST film Sokola Rimba bisa kamu tonton di halaman berikut--

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News