1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Spotlight dan The Big Short Sabet Skenario Terbaik di WGA Awards

Reino Ezra | 15 Februari 2016 13:30
Dua film berdasarkan kisah nyata didaulat sebagai skenario terbaik di Writers Guild Awards 2016.

Muvila.com – Pertarungan awards season tahun ini semakin memanas dengan terungkapnya para pemenang penghargaan dari asosiasi-asosiasi profesi film di Hollywood. Pada 13 Februari lalu, giliran asosiasi penulis skenario Amerika Serikat, Writers Guild of America (WGA), yang membagikan piala Writers Guild Awards (atau WGA Awards) bagi para penulis skenario terbaik sepanjang tahun 2015. Ajang yang diselenggarakan secara bersamaan di New York dan Los Angeles ini pun semakin memperuncing persaingan film-film yang tengah bertarung di Piala Oscar, yang akan berlangsung 28 Februari mendatang.

Tahun ini, WGA menganugerahkan gelar penulisan skenario terbaik untuk dua film yang juga digadang-gadang akan berjaya di Piala Oscar. Kategori Original Screenplay (skenario asli) dimenangkan oleh Josh Singer dan Tom McCarthy untuk Spotlight, sebuah film yang mengangkat kisah sekelompok jurnalis dalam mengungkap skandal pelecehan seksual anak-anak di Boston tahun 2001. Dengan demikian film ini berhasil mengalahkan Trainwreck, Sicario, Straight Outta Compton, dan Bridge of Spies. Dua judul terakhir juga akan menjadi pesaing Spotlight di ajang Piala Oscar dalam kategori yang sama.

Sementara itu, film tentang kejatuhan ekonomi AS di tahun 2008, The Big Short, berhasil menyabet kategori Adapted Screenplay (skenario adaptasi). Film yang skenarionya ditulis Charles Randolph dan Adam McKay ini berhasil mengungguli skenario film-film seperti Steve Jobs, Trumbo, Carol, dan The Martian. Dua judul yang disebutkan terakhir juga akan menjadi pesaing The Big Short di ajang Piala Oscar nanti.

Kemenangan dua film tersebut di WGA menandai dukungan besar terhadap mereka di Hollywood saat ini. Sehingga, peluang mereka untuk menang di Piala Oscar terbilang semakin besar. Apalagi, sebagian anggota WGA juga adalah anggota Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS). Sebelumnya, dukungan terhadap The Big Short terlihat lewat kemenangannya di ajang Producers Guild of America (PGA) Awards, sementara Spotlight juga berhasil menang Best Ensemble Cast di Screen Actors Guild (SAG) Awards.

Writers Guild Awards 2016, yang tahun ini merupakan penyelenggaraan ke-68, tak hanya untuk film fiksi bioskop, tapi juga untuk para penulis skenario film dokumenter, acara TV, animasi, radio, dan format digital (new media). Di antara penghargaan asosiasi profesi perfilman, WGA punya syarat yang terbilang ketat.

Untuk dapat masuk nominasi, penulis skenario film bersangkutan harus menjadi anggota WGA, serta dibuat oleh perusahaan film yang sesuai dengan pedoman WGA. Itu sebabnya, dalam ajang ini tidak ditemukan penulis skenario untuk film-film unggulan awards season, seperti Room dan Brooklyn yang dibuat oleh penulis atau perusahaan non-Amerika Serikat, atau Inside Out, film animasi yang metode penulisannya di luar aturan administratif WGA.

Lihat pemenang lengkap Writers Guild Awards 2016 di halaman selanjutnya.

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News