1. HOME
  2.   »  
  3. FILM
  4.   »  
  5. ARTIKEL FILM

Star Wars Lanjut Keruk Laba di Box Office Amerika

Reino Ezra | 5 Januari 2016 18:00

Liburan Tahun Baru membuat Star Wars: The Force Awakens terus mendulang pendapatan besar.

Muvila.com – Momen Natal dan Tahun Baru kerap dimanfaatkan oleh studio Hollywood untuk merilis film-film unggulan secara bersamaan, karena liburan panjang terbukti selalu sukses membuat film-film mereka meraih laba. Akan tetapi, di Tahun Baru 2016 ini film-film yang beredar masih harus mengakui kekuatan film Star Wars: The Force Awakens yang bertahan di puncak box office ketiga kali berturut-turut, dengan raihan pendapatan spektakuler.

Di akhir pekannya yang ketiga, The Force Awakens masih sanggup meraup pendapatan sebesar 90,2 juta dolar AS. Sampai pada 3 Januari lalu, film ini total telah mengumpulkan 742,2 juta dolar AS, dan resmi jadi film terlaris kedua di AS dan Kanada sepanjang masa, dan kemungkinan besar akan jadi nomor satu dalam sepekan mendatang, mengingat rekor yang dipegang film Avatar (2009) yang jumlahnya 760,5 juta dolar AS sedikit lagi bisa dikejar.

Prestasi luar biasa dari The Force Awakens mungkin sedikit menutupi prestasi yang lebih 'kecil' yang diraih film-film lainnya. Film komedi Daddy's Home masih sanggup bertahan di peringkat dua dengan meraih 29,2 juta dolar AS di pekannya yang kedua. Jumlah ini hanya turun 24,6 persen dari pekan sebelumnya, sehingga bisa dikatakan film ini telah meraih sukses. Film yang dibintangi Mark Wahlberg dan Will Ferrell ini meraih pendapatan total 93,8 juta dolar AS, dan bukan mustahil akan tembus 100 juta dolar AS sepekan mendatang.

Karena umumnya film-film besar terbaru akhir tahun di Hollywood dirilis bersamaan di tanggal 25 Desember 2015, otomatis tidak ada film baru di 10 besar box office. Namun, beberapa perubahan peringkat yang drastis patut untuk dicatat.

Lompatan besar berhasil diraih oleh film terbaru Quentin Tarantino, The Hateful Eight. Setelah pekan sebelumnya berhasil duduk di peringkat 10 dengan pemutaran hanya di 100 layar, akhir pekan kemarin film ini diedarkan luas di lebih dari 2.000 layar dan berhasil meraup pendapatan 15,7 juta dolar AS. Setelah 10 hari, film yang dibintangi Samuel L. Jackson dan Kurt Russell ini sudah mengumpulkan total 29 juta dolar AS, dan diproyeksikan tak lama lagi akan mampu menutupi modal produksinya yang berjumlah 44 juta dolar AS.

Sebaliknya, penurunan yang signfikan dialami film biografi yang dibintangi Jennifer Lawrence, Joy. Sebelumnya duduk di posisi tiga, film ini akhirnya turun ke posisi enam dengan raihan pendapatan 10,2 juta dolar AS, atau mengalami penurunan 40 persen dari akhir pekan sebelumnya, dan ini merupakan penurunan terbesar di antara film-film di 10 di besar box office akhir pekan lalu. Meski demikian, film berbiaya 60 juta dolar AS ini masih berpotensi meraup laba, mengingat kini sudah mengumpulkan total pendapatan 38,5 juta dolar AS dalam 10 hari.

Berikut adalah daftar 10 besar box office Amerika Serikat dan Kanada di akhir pekan 1 s.d 3 Januari 2016, menurut data dari Box Office Mojo:

1. Star Wars: The Force Awakens – 90,2 juta dolar AS (total 742,2 juta dolar AS)
2. Daddy's Home – 29,2 juta dolar AS (total 93,8 juta dolar AS)
3. The Hateful Eight – 15,7 juta dolar AS (total 29 juta dolar AS)
4. Sisters – 12,7 juta dolar AS (total 62,8 juta dolar AS)
5. Alvin and the Chipmunks: The Road Chip – 12 juta dolar AS (total 67,6 juta dolar AS)
6. Joy – 10,2 juta dolar AS (total 38,5 juta dolar AS)
7. The Big Short – 9 juta dolar AS (total 33 juta dolar AS)
8. Concussion – 7,8 juta dolar AS (total 25,2 juta dolar AS)
9. Point Break – 6,8 juta dolar AS (total 22,6 juta dolar AS)
10. The Hunger Games: Mockingjay Part 2 – 4,6 juta dolar AS (total 274,1 juta dolar AS)

Film Star Wars: The Force Awakens dan Alvin and the Chipmunks: The Road Chip juga sedang tayang di bioskop-bioskop Indonesia saat ini. Sementara Daddy's Home tayang di bioskop Indonesia mulai pekan ini. 

 

Read More

Editor's Pick

Comment

Latest News